Selasa, 28 Mei 2013

Arsitektur Tradisional Sunda
"Julang Ngapak"



julang ngapak
Lukisan kuno yang menggambarkan suasana sebuah perkampungan di daerah Garut Selatan (Jawa Barat)dengan bentuk rumah bergaya arsitektur tradisional Sunda "julang ngapak" atap "cagak gunting" dengan latar belakang Gunung Papandayan yang mempesona. Lukisan ini dibuat oleh Prof. E.H.P.A.Haeckel (1834-1919) seorang Biologist,Naturalist berkebangsaan Jerman.



julang ngapak
Perkampungan ber-asitektur tradisional Sunda julang ngapak dengan atap cagak gunting dengan background Gunung Salakpangrango yang berada diantara wilayah Bogor dan Sukabumi  Jawa Barat.




julang ngapak
Sebuah perkampungan di Papandakan (Garut Selatan-Jabar) dengan ber-aksitekturkan rumah khas Jawa barat bergaya julang ngapak beratapkan cagak gunting,sebuah perkampungan dengan gaya rumah yang sudah jarang kita temui lagi.

julang ngapak


JULANG NGAPAK :
Adalah salah satu bangunan  yang menjadi ciri khas rumah tradisional masyarakat  Priangan (Sunda) di masa lalu. Bangunan ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan natural yang mudah didapat,seperti balok kayu,bambu,lembaran dedaunan, seperti pelepah daun kirai yang biasa tumbuh di rawa-rawa (sejenis palm) atau daun enau (nira), rerumputan,ilalang dll.

  Dongeng Sunda Si Kabayan Kumisan BACA BERIKUTNYA>>
 Dongeng Sunda Si Kabayan Ngala Lauk BACA BERIKUTNYA >>
Dongeng Sunda Si Kabayan Bajigur Jeung Bengsin BACA BERIKUNYA >>

HyperSmash.com