Sejarah Danau Purba Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka


bandung tempo dulu



Sejarah Danau Purba Bandung 
Kira-kira 20-15 juta tahun yang lalu tatkala dataran tinggi Bandung masih terletak didasar lautan.
pada waktu itu Pulau Jawa sebelah utara masih merupakan samudra. Hanya bagian selatannya saja yang berwujud tanah dataran dengan pesisirnya tak jauh di sebelah selatan Pangalengan sekarang. beberapa pulau Vulkanik terdapat di depan pantai itu.

Sisa lapisan-lapisan yang diendapkan 20 juta tahun yang lalu,kini masih bisa disaksikan di daerah Purwakarta dan Subang. Batuan-batuan Napal dan Gamping (karang) yang ditemukan mengandung fosil binatang laut Foraminitera, seperti Cyloclypeus dan Lepidecyclina.


Di sekitar Kota Bandung lapisan endapan itu tidak terdapat, kecuali beberapa lokasi dekat Cimahi, tempat Cikuya bermuara ke Sungai Citarum. Batuan karang tertutup oleh aliran lava dasitik, sehingga mengalami malihan-sentuh (contack metamorfose) yang menghasilkan mineral-mineral baru seperti jakut (Garnet). Di sebelah hulu dapat kita temui Curug (air terjun) Jompong yang juga merupakan aliran desit.

Daerah Curug Jompong dan muara aliran sungai Cikuya begitu indah menarik hati, sehingga pecinta alam seperti Franz Junghuhn(1854) sempat terpukau dan melakukan penyelidikan ilmiah di tempat itu.

Penyelidikan Geologi yang Serupa,pada aliran Sungai Citarum - Cikuya dan Curug Jompong, telah dilakukan oleh Dr.Ch.E. Stehn dan Dr.J.H.F. Umbrove, dan mereka laporkan secara lengkap dalam tulisannya 'Bidrage Tot De Geologie Der Vlakte van Bandoeng', tahun 1929.

Secara bertahap pantai Laut Jawa yang semula terletak di Selatan Pangalengan(Kabupaten Bandung),lama-lama bergeser semakin ke utara, tak jauh dari Kota Bandung. Ini terjadi pada periode revolusioner,di akhir jaman Miosen(25-14 juta tahun yang lalu). Pergeseran pantai Laut Jawa ke arah utara Bandung diakibatkan oleh pembentukan gunung(orogenese)dan proses pelipatan lapisan bumi. Sedimen yang terlipat, kemudian muncul di atas laut.

Masa berikutnya kembali mengalami periode istirahat, dimana kegiatan volkanik dan sedimentasi cekungan dalam laut di utara Bandung mengakibatkan munculnya bukit-bukit Selacau yang bentuknya piramida.






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Danau Purba Bandung

Posting Komentar