Sejarah Gedung Merdeka Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka

gedung_merdeka_bandung_tempo_dulu
Gedung Merdeka Jaman Dulu 


Gedung Merdeka mulai dibangun pada tahun 1895. Ditangani oleh dua arsitek lulusan Belanda yaitu Van Gallen Last dan C.P. Shoemaker. Gedung ini semula digunakan sebagai gedung pertemuan orang-orang Belanda yang berkedudukan tinggi, para perwira Belanda, dan para pengusaha perkebunan Belanda di wilayah Priangan dengan nama Societeit Concordia.

Pada awal berdirinya gedung ini terdiri atas dua ruangan besar utama yang disebut ruang Schoberg dan Societeit.

Secara berturut-turut pada tahun 1920 dan 1928 gedung tersebut dibangun kembali sehingga menjadi gedung dalam bentuk sekarang ini. Pada masa pendudukan Jepang gedung ini diberi nama Dai Toa Kaikan, dan digunakan sebagai pusat kebudayaan. 

Menjelang konperensi Asia Afrika (1955), gedung ini diubah namanya oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno menjadi Gedung Merdeka. Itu sebabnya, jalan yang membentang di depannya dinamai Jalan Asia Afrika.

Gedung Merdeka pernah pula  digunakan untuk kegiatan-kegiatan Konstituante RI (1957), Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (1961), Konperensi Islam Asia Afrika (1966), dan lain-lain.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Gedung Merdeka Bandung

Posting Komentar