Sejarah dan Foto-Foto Masjid Agung Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka



Foto Masjid Agung Bandung Tempo Dulu



Sejarah Singkat Mesjid Agung Bandung 
Mesjid yang berdiri di Pusat Kota Kembang ini bahkan  hingga sekarang terus dipercantik.
Mesjid Agung Bandung pada mulanya (1812) hanya berbentuk bangunan tradisional yang sederhana. Bangunannya terbuat dari bambu dan beratap rumbia. Pada tahun 1826 dipugar dari bangunan bilik dan bambu diganti menjadi bangunan kayu dan atap genting.

Pada tahun 1950 dirombak,bangunan menjadi tembok batu dan atap genting. Pada tahun 1900 bangunannya dilengkapi dengan denah empat persegi,mihrab,pawestren,bedug dan kentongan, atap susun tiga,kolam, bangunan menghadap ketimur tepat, terdapat makam, benteng dan tidak bermenara. 

Pada tahun 1930 bangunan dilengkapi dengan menara serambi depan dan menara di kanan kiri banggunan. 
Pada tahun 1955 Mesjid Agung mengalami perombakan besar, tampak dengan di ubah, kedua menara kecil di bongkar, serambi diperluas, ruang panjang kiri-kanan dijadikan satu dengan bangunan induk,dan sebuah menara didirikan di halaman mesjid sebelah selatan dengan di atasnya kubah bawang (kecil) mendampingi kubah bawang (besar).




Pada tahun 1970 mengalami perombakan lagi,yaitu diperluas lantainya dan dibangun bertingkat. Atapnya diganti menjadi atap joglo, dan sebuah jembatan beton yang menghubungkan mesjid dengan Alun-alun. Pada tahun 1980 Mesjid Agung mengalami perombakan lagi hingga bentuknya yang sekarang.



masjid_agung_bandung_tempo_dulu




Masjid_agung_bandung_tempo_dulu



masjid_agung_bandung_tempo_dulu


                        
masjid_agung_bandung_tempo_dulu




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah dan Foto-Foto Masjid Agung Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar