Sejarah Majalengka Dengan Foto Tempo Dulunya

Dijual Buku Antik dan Langka


PENGANTAR POS DI MAJALENGKA TEMPO DULU


PERKEBUNAN TEBU DI MAJALENGKA TEMPO DULU

RUMAH SAKIT MAJALENGKA TEMPO DULU

ALUN-ALUN MAJALENGKA TEMPO DULU

Pada abad ke-XV di wilayah Majalengka telah berdiri tiga buah kerajaan yang bercorak hindu,yaitu Kerajaan Raja Galug dengan rajanya Cakraningrat,kerjaan Talag dengan rajanya Pucuk Umum dan kerajaan Sindang Asih yang dipimpin oleh seorang ratu yaitu nyi Rambut Kasih.

SEJARAH SINGKAT

Nyi Rambut Kasih yang cantik pemeluk agama Hindu yang fanatik,selain itu ia seorang yang sakti. Sebagian daerah kekuasaannya berupa hutan yang didalamnya ada pohon maja yang berkhasiat menyembuhkan penyakit demam,dan pohon ini merupakan sejarah bagi masyarakat Majalengka.

Pada saat itu Cirebon diperintah oleh seorang ulama besar yaitu Syeh Syarif Hidattullah. Saat itu di Cirebon sedang berjangkit penyakit demam yang banyak menelan karbon korban,untuk menyembuhkan wabah penyakit itu Syeh Syarif Hidayattullah mengutus Pangeran Muhammad berserta istrinya Nyi Siti Armilah untuk mencari buah maja kedua suami istri ini mengemban misi untuk menyebarkan Islam.

Nyi Rambut Kasih seorang sangat berwibawa di mata masyarakatnya. mengetahui kedatangan utusan dari Cirebon ,Nyi Rambut Kasih tidak rela daerah kekuasaanya dijamah,begitu saja. Dengan kesaktiannya beliau menipta hutannya tanpa pohon sebatang pun, padahal sebelumnya banyak ditumbuhi pohon pohon tersebut. Pangeran Muhammad dengan suaminya tidak menemukan pohon maja sebatangpun di daerah Sindang Kasih. Pada saat itulah Pangeran Muhammad mengatakan "Majalengka" (bahasa Cirebon yang artinya buah maja tidak ada),kata ini sampai sekarang menjadi Majalengka.  God only knows alias Wallaahu 'Alam. Sumber:Bunga Rampai Jawa barat.1991.Manispal Mashun 








Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Majalengka Dengan Foto Tempo Dulunya

Posting Komentar