Monumen Walikota Bandung Yang Hilang

Dijual Buku Antik dan Langka

Tugu kereta api yang hilang 



Dalam rangka memperingati hari Jadi Staats Spoorwegen (sekarang PJKA) yang ke 50 (5 juni 1926), Ir. E.H. de Roo, seorang Insinyur Bangunan dari Gemeente Bandung, ditugaskan membangun sebuah tugu peringatan, yang lokasinya tepat di depan stasion Kereta Api Bandung. Tugu Peringatan yang terbuat dalam kontruksi baja dengan hiasan dari besi cor, berbentuk pilar segi delapan, dengan lentera kaca dipuncaknya, adalah hasil karya murid-murid Sekolah Pertukangan (Gemeentelijk Ambobachtscool) di Bandung.

Tugu peringatan yang dipersembahkan oleh Tuan B.Coops, Burgermeester van Bandung (Walikota) atas nama warga kotanya, sebenarnya bukan sekedar prasasti sejarah.
Tugu Peringatan berfungsi juga sebuah sebuah pusat titik Triangulasi di Kota Bandung, yang penting artinya sebagai titik orientasi dalam pengukuran dan pemetaan kota. Sayang sekali karena kepicikan sejarah, tugu Peringatan yang sangat penting itu,beberapa tahun yang lalu telah dibongkar, diganti dengan sebuah taman yang tak bermakna sejarah samasekali.

Peristiwa itu adalah kecerobohan kedua kalinya, setelah pembongkaran Tugu Triangulasi di depan istana Bogor, di awal tahun 1960. Hal semacam itu bukanlah kejadian yang luar biasa di Indonesia. Sedangkan Tugu Proklamasi di Peganggsaan saja pernah dibongkar, apalagi sebuah tugu cuma buat memperingati Kereta Api.

Tugu Lentera Listrik  dengan daya penerangan 1000 lilin itu, membuat si-Lamsijan budak kampung terbengong-bengong dan menyebutnya " rapang damar teu diminyakan"  (lentera bersinar terang tanpa diminyaki!), maklumlah listrik.

Sedangkan Majalah Mooi Bandoeng, Juni 1934, menulis teks di bawah potret tugu peringatan itu, dengan kata puitis ; " Aan het Licht Wordt kenbaar wat eigeinlijk ... Du isteeernis is" (Di sinar terang bisa dikenali, apa sebenarnya ... kegelapan itu).

Dibongkarnya Tugu Lentera Terang di depan stasion Kereta Api Bandung, mengantar warga Kota Bandung memasuki " Alam Kegelapan-Khasanah Sejarah Kotanya!.







Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Monumen Walikota Bandung Yang Hilang

Posting Komentar