Kebudayaan Suku Mentawai

Dijual Buku Antik dan Langka



 Kebudayaan Suku Mentawai




Kebudayaan Suku Mentawai
Orang Mentawai bertempat tinggal di kepulauan Mentawai. yakni di Pulau (Siberut) Sipora, Pagai-Utara dan Pagai - Selatan.

Pendapat Dr. PH. Duyvendak dalam kitabnya "Inleiding tot de ethnologie van de Indoneshce Archipel" mengemukakan pendapatnya tentang orang Mentawai sebagai berikut:

Kebuyaan mereka, baik yang bersifat kerohanian maupun yang materil, dapat dipandang sebagai suatu contoh, kebudayaan yang tua sekali dari kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.


 Kebudayaan Suku Mentawai


Hal yang ada pada umumnya terdapat pada suku-suku bangsa lainnya, tidak ada pada orang Mentawai sedangkan apa yang dimiliki orang Mentawai kita jumpai juga pada kebudayaan lainnya di Indonesia. Kebudayaan materilnya diantaranya belum sekaya kebudayaan-kebudayaan materil lainnya di Indonesia.




Pada orang Mentawai tidak terdapat penanaman padi dan pembuatan barang-barang pecah-belah dari tanah. Menenun mereka juga belum mengenalnya dan pakaian mereka dibuat dari kulit kayu yang telah dipukuli hingga lunak dan dari daun pisang. Makan Sirih serta minum tuak yang telah disimpan lama tidaklah mereka kenal. Sumber : Ilmu Bangsa-Bangsa - etnologi NV. Masa Baru 1964






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Kebudayaan Suku Mentawai

Posting Komentar