Sejarah Satra Lisan

Dijual Buku Antik dan Langka


RUMAH TRADISIONAL BATAK TOBA



KESUSASTRAAN LISAN.
Pada masa prasejarah,sebelum bangsa kita mengenal tulisan,perkembangan kesusastraan berlangsung dari mulut kemulut,terutama dengan perantaraan pawang,tukang cerita yang dipanggil dalam suatu perhelatan perkawinan,turun mandi anak dan sebagainya.

Dari mulut pawang pindah kemulut ibu-ibu yang mengulang-ngulang cerita itu kembali untuk anak-anaknya untuk memberi pendidikan kepada anaknya supaya jangan durhaka kepada orang tua,jangan turun malam atau bermain jauh-jauh kedalam hutan,sungai dan lain-lain.

Dikalangan orang tua gunanya terutama untuk perintang-rintang waktu. Sedang bagi anak-anak muda bagian yang menarik tentulah cerita-cerita yang romantis pula.

Dalam bentuk puisi,kesusastraan lisan itu terutama meliputi peribahasa,pantun,mantera,do'a dan serapah,yang detik pengucapannya saja harus dijaga tidak boleh sembarang waktu,tidak tidak boleh bermain-main,iramanya harus kena dan tepat,kalau tidak takkan mempan,serapah takkan menelap tuahnya,kepada yang mengucapkannya tadi.

Sumber:Langgam Sastra lama.1958.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Satra Lisan

Posting Komentar