Transportasi Jakarta Bandung Abad 18

Dijual Buku Antik dan Langka

bandung tempo dulu
Lembang  di utara kota Bandung tahun 1921 


Transportasi Jakarta Bandung Abad 18 
Menurut penuturan Opa Buitenweg, sampai pertengangan abad ke-18, perjalanan orang-orang dari Batavia memasuki pedalaman Tatar Bandung, biasanya menaiki perahu atau rakit, melewati sungai Citarum atau Cimanuk. Baru pada tahun 1786, jalan setapak yang biasa dilewati kuda mulai menghubungkan Batavia-Bogor - Cianjur-Bandung. Keterangan itu didapat dari sebuah catatan perjalanan yang ditemukan oleh Prof.Dr.E.C.G. Molsbergen 1930.

Jalur jalan itu penting sekali artinya bagi kepentingan ekonomi Kompeni Belanda, sebab sejak tahun 1789 Pieter Elgelhard telah membuka perkebunan kopi di lereng selatan Gunung Tangkubanparahu, sedikit di utara batas kota Bandung sekarang. Yang pada tahun 1807 hasil panen kopinya sangat memuaskan.

Dengan demikian hasil bumi dari daerah Priangan, khususnya tatar Bandung menuju Batavia, tidak lagi dilakukan melewati Sungai Citarum, akan tetapi sudah mulai mengunakan transportasi darat.

 Sumber : Wajah Bandung Tempo Doeloe Haryoto Kunto





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Transportasi Jakarta Bandung Abad 18

Posting Komentar