Sejarah Bandung Purba

Dijual Buku Antik dan Langka

bandung tempo dulu 1819-1820
BANDUNG TEMPO DULU 1819-1820


Sekitar 3-4.000 tahun yang lewat,Danau Bandung mulai surut airnya,muncullah Dataran Tinggi Bandung. Danau itu mulai kering menyusut,tatkala sungai Citarum yang tersumbat muntahan Gn. Tangkubanparahu atau Gn.Burangrang(?) bisa bebas mengalir kembali,
dengan menembus bukit Rajamandala (sebelah barat Batujajar), melewati terowongan alam Sanghiang Tikoro.

Dataran tinggi Bandung yang terkenal akan kesuburannya, sekarang terletak kurang-lebih 725 Mtr dari atas permukaan laut,dikepung gunung api dan di sebelah barat terdapat bukit-bukit batu gamping. Endapan batu kapur yang membentuk bukit-bukit batu kapur Padalarang adalah bukti, bahwa daerah tersebut pernah terbenam di dasar laut.

Luas dataran tinggi yang di masa silam pernah jadi Situ Hiang (Danau Bandung), membentang dari Cicalengka di timur sampai Padalarang di arah barat, sejauh kurang lebih 50 Km. Dari bukit Dago di utara sampai ke batas Soreang-Ciwidey di selatan, berjarak 30 km. Kalau dihitung luas danau Bandung keseluruhan, hampir tiga kali lipat DKI Jakarta. Suatu wilayah yang Bakal menjadi daerah Bandung Raya dikemudian hari.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Bandung Purba

Posting Komentar