Foto Bandung Tempo Dulu Part - 3

Dijual Buku Antik dan Langka



" RADIO AKI KURING "






gunung tangkuban parahu
GUNUNG TANGKUBAN PARAHU TEMPO DULU 


Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda aktivitas gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya adalah di kasawan Ciater, Subang.






gadis priangan tempo dulu
Foto seorang gadis Priangan yang diambil dari sebuah kartu pos yang diterbitkan oleh FB. Smith di Batavia medio pada tahun 1890'an Berdasarkan foto ini terindikasi bahwa para perempuan di desa pedalaman Priangan di akhir abad XIX sewaktu bekerja sehari-harinya masih ada yang bertelanjang dada.






PEREMPUAN DI BANDUNG SEDANG MENENUN KAIN
FOTO DIBUAT TAHUN 1934


Foto perempuan di sebuah desa di Bandung sedang menenun kain sarung dengan alat tradisional dengan benang yang masih tergulung di alat pemintal benang. 
Pekerjaan menenun pada saat itu biasa dilakukan di teras rumah atau golodog (teras rumah panggung) karena pada umumnya rumah di Priangan merupakan rumah panggung. 






 Bandung Tempo Dulu
SISWA-SISWI HKS BERFOTO BERSAMA GURU-GURUNYA
DI DEPAN GEDUNG SEKOLAHNYA 
(KANTOR POLISI JALAN MERDEKA SEKARANG)
FOTO DIBUAT TAHUN 1925-1926









pangalengan tempo dulu
PETERNAKAN SAPI DI DAERAH BOJONG WARU 
PANGALENGAN TEMPO DULU


Gerrit van Ham adalah perintis peternakan sapi perah di Pangalengan, lahir di Batavia tahun 1874, anak dari pasangan Petrus Paulus Hermanus van Ham, seorang anggota tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger) dan Anna Grouw.

Johan Gerrit van Ham mulai membuka lahan usaha peternakannya di daerah Bojong Waru kira-kira tahun 1912. dari peteranakannya itu dia membuka pabrik roti (Bakkerij) dengan susu sebagai salah satu bahannya dan usaha pemotongan hewan (Slagerij).





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto Bandung Tempo Dulu Part - 3

Posting Komentar