Foto Bandung Tempo Dulu Part 4

Dijual Buku Antik dan Langka








bandung tempo dulu
" GADIS PRIANGAN "

Foto seorang gadis Priangan tempo dulu di perkotaan memakai "Kebaya Encim" (1930'an) Foto diambil di sebuah studio foto yang pada kala itu suatu trend melakukan pemotretan di atas tempat berbaring berbentuk tempat tidur kecil dengan orang yang dipotret memegang kipas. Sambil berpura-pura mengipas-ngipasi wajahnya. (walaupun berpura-pura tetapi anginnya tetap asli).Sebuah style yang ter-inspirasi oleh noni-noni Belanda.





SEKELOMPOK ANAK-ANAK SEKOLAH RAKYAT
DI BANDUNG TEMPO DULU BERAMAI-RAMAI MEMBACA
SURAT KABAR "BINTANG HINDIA"


Bandung memang pantas disebut Kota Pendidikan (Intelektual). Belum lagi lewat seperempat awal Abad ke-20,bermacam jenis Sekolah dari berbagai jenjang tingkatan,terdapat di kota ini.

Dari taman kanak-kanak (Opleidingscholl voor Frobelonderwijzeressen),Van Deventerschool (Sekolah Putri), Sekolah Dasar Belanda (H.I.S), Sekolah Dasar pribumi (Inlansche tweed klasse scholen), S.L.P. (M.U.L.O), S.L.A (A.M.S),dan sekolah-sekolah swasta milik Zending Kristen dan Cina,semula terdapat di Bandung

Pada tahun 1916 telah dibuka Hoogere Burgerschool (HBS) di Jl. Belitung dan tahun 1922 telah dibuka H.B.S. Katholik beserta asrama khusus bagi siswa putri di Jl. Merdeka.






GEDUNG HBS TEMPO DULU
 SEKARANG GEDUNG SMA 3 DAN 5


Bangunan sekolah ini berdiri di atas tanah seluas 14.240 m2 dengan luas bangunan 8.220 m2. Gedung sekolah ini dibangun pada tahun 1916 oleh pemerintah Hindia Belanda dirancang oleh arsitek C.P. Wolff Schoemaker.

Dulunya bangunan ini berfungsi sebagai HBS (Hoogere Burgerschool) di sekolah inilah almarhum Sri Sultan Hamengkubuwono IX sempat menununtut ilmu. Sekolah ini merupakan sekolah favorit yang paling bergengsi di Kota Bandung, pada perjalanannya sekolah ini sempat mengalami beberapa kali perubahan fungs.

Pada tahun 1916 sampai dengan 1942 sekolah ini berfungsi sebagai gedung HBS setaraf dengan SMP dan SMA jaman Jepang:
Tahun 1942 sampai dengan 1945 berfungsi sebagai markas tentara Jepang (Ken Petai), Pada jaman peralihan antara tahun 1947-1952, pagi: berfungsi sebagai sekolah VHO (Voortgezet Hoger Onderwys) yang dipimpin oleh Buchresen, Sore: sebagai gedung SMA Negeri 1 (SMA B).Tahun 1952-1966: pagi: sebagai SMA Negeri 2 (SMA B) dan SMA Negeri 5 (SMA C) pada tahun 1961, Sore: sebagai gedung SMA Negeri 3 (SMA B) dan SMA Negeri 6 (SMA C) pada tahun 1961.

Tahun 1961: SMA Negeri 2 pindah ke jalan Cihampelas dan SMA Negeri 6 pindah ke Jalan Pasir Kaliki.

Tahun 1966 hingga sekarang: berfungsi sebagai gedung SMU Negeri 3 dan SMU Negeri 5 Bandung (Pagi).

Bangunan sekolah ini pernah digunakan oleh SMA Negeri 8,9,12,14,19 dan 20. dan sekarang sudah pindah . pemilik dan pengelola sekolah ini oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

Sekolah ini berada di lingkungan perkantoran TNI dengan batas areal bangunan di sebelah selatan kantor koperasi militer (KODAM III), sebelah timur Jalan Bali dan di sebelah barat Jalan Kalimantan dan arah pandang bangunan ke utara, yaitu Jalan Belitung. Sumber:Badnung Heritage.





Sekolah rakyat di bandung tempo dulu
ANAK-ANAK SEKOLAH RAKYAT TEMPO DULU

Foto murid-murid Sekolah Rakyat yang dikhususkan untuk warga pribumi (1910'an). Murid "Sekolah Rakyat" saat itu memakai kain batik,berbaju model "jas tutup" dan memakai "totopong" (penutup kepala khas Sunda-yang mulai ngetren kembali diera modern ini).

Keinginan untuk maju dan berwawasan luas tercermin dari kegiatan bersama-sama membaca koran. Istilah "Sekolah Rakyat" diubah menjadi "Sekolah Dasar" pada tahun 1960'an.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto Bandung Tempo Dulu Part 4

Posting Komentar