Sejarah Perkembangan Musik Jazz di Belanda

Dijual Buku Antik dan Langka




sejarah jazz di belanda
Cuby + Blizzards

Perkembangan Musik Jazz di Belanda


Dunia jazz Belanda tidak begitu luas, tapi melahirkan pemain-pemain musik dan kelompok-kelompok yang mempunyai arti dalam dunia internasional, seperti dalam festival-festival jazz di luar negeri. Kehadiran pemain-pemain musik Amerika yang memilih Eropa barat sebagai tanah airnya yang kedua (mereka menetap di Paris, Amsterdam, Kopenhagen), sangat besar sekali pengaruhnya terhadap musisi jazz Belanda.

Para musisi musik jazz Belanda yang paling tekenal antara lain adalah, pemimpin-pemimpin orkes Boy Edgar dan Rogier van Ottertoo, pemain-pemain saxofon Piet Noordijk, Theo Loevendie dan Willem Breuker, pemain-pemain piano Mischa Mengelberg dan louis van Dijk, pemain alat tiup Chris Hinze, pemain-pemain drum John Engels, Han Bennink dan Martin van Duinhoven.

Pertunjukan Konser Jazz biasanya tidak mendapat subsidi, tapi secara insidentil kelompok-kelompok jazz mendapat subsidi pemerintah untuk serentetan permainan konser atau festival. Festival-festival jazz terkenal seperti  Festival Jazz di Laren dan Festival Jazz Hammerveld di Roemond.

Orkes Musik Belanda
Di negeri Belanda ada dua belas orkes simfoni, antara lain orkes Concert gebouw di Amsterdam, Orkes Residensi di Denhaag dan orkes Philharmonis Rotterdam, terkenal sampai ke luar negeri Belanda.

Dari orkes-orkes yang lain yang biasanya bekerja dalam propinsi perlu disebut Orkes Braban ('s-Hetergebosch) dan orkes simfoni Limburg, yang kecuali dalam wilayahnya sendiri, juga memainkan peranan penting pada pertukaran kebudayaan dengan negeri-negeri tetangga. Dirigen-dirigen terkemuka ialah Bernard Haitink, Willem van Otterloo dan Edo de Waard.

Orkes Nederlands Kamerorkest tidak terbatas pekerjaanya pada wilayahnya sendiri : orkes itu mengadakan konser-konser di dalam negeri dan sering pula tour ke luar negeri.
Semua orkes mendapat subsidi penuh dari pemerintah (Kerajaan, propinsi dan kotapraja). Sumber: Majalah Serba-Serbi Belanda.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Perkembangan Musik Jazz di Belanda

Posting Komentar