Jenis Kebaya Pakean Adat Suku Sunda

Dijual Buku Antik dan Langka




Jenis Kebaya Sunda
Para  Pemintal Kain di Priangan 1885-1920


Kebaya Sunda
Kebaya adalah sebuah blus berlengan panjang yang dipakai di sebelah luar kain atau sarung menutupi sebagian dari badan. Panjang kebaya ini berkisar sekitar pinggul sebelah atas sampai ke lutut. Kebaya pendek dapat dibuat dari bahan katun yang berbunga, atau polos, sutera, brocade (kain sunduri), lame,bahan-bahan sintetis, brokat, lurik dan organdi atau kain katun yang berwarna putih yang seluruh pinggirannya dihiasi dengan renda. Kebaya panjang tampak sangat menarik dalam brokat,voile yang berbunga atau nylon yang diberi sulaman.

Kaum wanita Sunda di Jawa Barat memakai kebaya pendek tanpa tambahan bahan di depan,memakai atau tanpa lekuk leher; terbuat dari brokat atau sutera berwarna cerah. 

Lengan bajunya agak melebar pada bagian pergelangan tangan dari pada bagian pergelangan tangan dari pada lengan baju kebaya versi Jawa. 

Kain batik yang dipakainya juga berwarna,cerah,yang dililitkan sebagaimana biasa. Perhiasan yang sederhana dan sehelai selendang melengkapi pakaian tersebut.

Pakaian yang dikenakan oleh wanita-wanita Sunda terkenal akan warna-warninya yang menyolok.

Sumber:Pakaian Daerah Wanita Indonesia.
Oleh:Judi Achjadi.1978.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Jenis Kebaya Pakean Adat Suku Sunda

Posting Komentar