Ciri Batu Akik Black Opal Yang Bagus

Dijual Buku Antik dan Langka



black opal
Black Opal 



Ciri Batu Akik Black Opal Yang Bagus : 
Batu kalimaya hitam ini merupakan batu yang banyak digemari orang. Di Indonesia, black opal banyak ditemukan di daerah Lebak Banten, Jawa Barat. Tempat ini kaya akan kandungan silika dan kuarsa.

Struktur dan tekstur batu yang terbentuk di suhu rendah ini umumnya memiliki retakan-retakan disekelilingnya. Oleh karenanya batu ini masuk ke dalam kategorian batu yang cukup lunak dengan tingkat kekerasan antara 5.5 hingga 6.5 mohs. Dari berat keseluruhan batu opal, 6% hingga 10% adalah berupa air. Berbeda dengan batu bacan yang lebih keras dengan tingkat kekerasan 7 hingga 7.5 mohs. Dengan tekstur lebih lembut yang dimiliki oleh batu ini, maka cara perawatannya pun berbeda dengan batu akik/mulia pada umumnya.

Kecantikan batu black opal kalimaya ini terlihat manakala terkena paparan sinar. Black opal akan mengeluarkan pendar cahaya warna-warni yang mengagumkan. Cahaya ini biasa disebut dengan nama Jarong atau Kembang. Warna-warni yang terkandung di dalam batu black opal tergantung dari daerah atau lingkungan dimana batu ini terbentuk. Warna paling umum yang dimiliki batu ini adalah warna putih, abu-abu, jingga, kuning terang, oranye, merah, biru, cokelat, ungu, magenta, merah rose, hijau dan hitam.

Adapun black opal yang paling banyak dicari pada saat ini adalah Fire Opal atau batu kalimaya api yang berasal dari Banten yang memiliki banyak kandungan warna merah menyala seperti api. Sama seperti batu bacan yang memiliki penggemar tersendiri di luar negeri, batu lokal ini telah dijual hingga ke berbagai negara di dunia dan dibanderol dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Selain warna merah, warna lainnya yang juga digemari adalah opal yang memancarkan warna ungu dan biru yang terang. Warna ini diminati orang karena dianggap warna yang cantik namun masih cukup langka ditemukan pada batu opal. Saat ini black opal juga ditemukan di berbagai negara diantaranya seperti India, Mesir, Australia, Meksiko dan Indonesia.

Black opal kalimaya yang berkualitas:
Sesuai namanya, batu black opal mengandung warna yang hitam legam.
Meskipun dengan skala mohs 5.5 hingga 6.5, namun batu ini tetap padat dan tidak rapuh meskipun digores.

Opal kalimaya yang bagus memiliki warna yang komplit serta mengeluarkan warna berkilau seperti berlian.
Serat batu halus dan tidak terlihat dibagian permukaannya.
Meskipun berwarna hitam legam, batu ini tetap tembus cahaya apabila disinari dengan senter ataupun lampu yang terang.
Bila digores dengan amplas, residu black opal tidak berwarna hitam.

Permukaan batu opal kalimaya yang bagus akan terlihat mengkilap seperti porselen atau keramik apabila dibentuk.
Cara membedakan black opal asli dan palsu:

Meskipun tergolong batu mulia yang lunak, sebuah batu akan tahan terhadap proses pembakaran.

Batu asli akan kalis atau tahan terhadap bahan kimia seperti cat ataupun minyak. Untuk membuktikannya Anda dapat menggunakan cat. Apabila cat tersebut tidak menempel pada batu, itu artinya batu tersebut asli.


Tak ada batu yang sempurna. Setiap batu pasti memiliki serat. Tidak ada batu dengan tekstur yang sangat halus atau bahkan tanpa serat sama sekali.
Berat jenis batu berbeda dengan plastik atau kaca. Batu asli memiliki berat yang sesuai dengan besarnya. Tak seperti batu sintetis yang akan memiliki bobot lebih ringan jika dibandingkan dengan ukurannya.

Cek ke laboratorium khusus gemstone terdekat untuk mengecek kadar kandungan mineral yang terdapat di pada batu. Dari berbagai sumber.


Perbedaan batu akik Black opal Banten dan Black Opal Australia Baca disini 


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Ciri Batu Akik Black Opal Yang Bagus

Posting Komentar