Alat Musik Tradisional Sunda Dogdog

Dijual Buku Antik dan Langka



Alat Musik Tradisional Sunda



Alat Musik Tradisional Sunda Dogdog 
Dogdog adalah waditra jenis alat pukul berkulit, dimainkan dengan cara dipukul dengan mempergunakan alat bantu pemukul.
Waditra ini mempunyai fungsi sebagai alat penyaji ritme yang tergabung sebagai waditra pokok dalam reog (ogel) atau Dogdog lojor.

Pengertian Istilah.
Istilah Dogdog merupakan peniruan dari bunyi yang berasal dari suara waditaranya. Waditra Dogdog jika dibunyikan terdengar "Dug" atau "Dog", terutama untuk bunyi Dogdog yang terbesar.

Cara Memainkan.

Setiap Dogdog digendong di muka perut oleh masing-masing pemain letaknya gendongan tepatnya dipinggang kiri. Tangan kanan memegang alat pemukul dan tangan kiri menekan permukaan kulit (mengolah suara Dogdog).

Bentuk Penyajian.
Waditra Dogdog sejumlah empat buah,disajikan dalam seni pertunjukan Ogel atau Reog. Penyajiannya dilengkapi dengan kawih (vocal), gerak-gerak lucu dan bodoran (dialog humor). Bentuk penyajian Ogel atau Reog, hampir sama dengan penyajian Calung jingjing, perbedaannya pada waditra pokok yang dipergunakannya. sumber : waditra-mengenal alat - alat kesenian tradisional jawa-barat 1994 - oleh ubun kubarsah
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Alat Musik Tradisional Sunda Dogdog

Posting Komentar