Peristiwa Bandung Lautan Api 1946

Dijual Buku Antik dan Langka




Kota Bandung sebelah selatan dibakar oleh Tentara Republik Indonesia pada tanggal 23 Maret 1946 setelah dengan berat hati harusmematuhi perintah Pemerintah Republik Indonesia untuk mengosongkan kota tersebut.


Pada waktu tentara Sekutu memasuki kota Bandung bulan Oktober 1945, para pemuda dan pejuang di kota Bandung sedang dalam pergulatan untuk melaksanakan pemindahan kekuasaan dan merebut senjata serta peralatan dari tangan tentara Jepang.

Tentara Sekutu menuntut supaya senjata-senjata yang diperoleh dari hasil pelucutan tentara Jepang dan berada di tangan para pemuda diserahkan kepada Sekutu. Tanggal 21 November 1945, tentara Sekutu mengeluarkan ultimatum pertama agar kota Bandung bagian utara selambat-lambatnya pada tanggal 29 November 1945 dikosongkan oleh pihak Indonesia dengan alasan untuk menjaga keamanan.

Ultimatum tersebut tidak diindahkan oleh para pejuang Republik sehingga sejak saat itu sering terjadi insiden dengan pasukan-pasukan Sekutu. Batas kota bagian utara dan bagian selatan adalah rel kereta api yang melintasi kota Bandung.

Untuk kedua kalinya pada tanggal 23 Maret 1946 tentara Sekutu kembali mengeluarkan ultimatum. Kali ini supaya TRI mengosongkan seluruh kota Bandung.
Pemerintah Republik Indonesia di Jakarta memerintahkan agar TRI mengosongkan kota Bandung. Tetapi sementara itu dari markas TRI di Yogya datang instruksi lain, yaitu supaya kota Bandung tidak dikosongkan.

Akhirnya TRI di Bandung mematuhi perintah dari Jakarta walaupun dengan berat hati. Sebelum meninggalkan kota Bandung pejuang-pejuang Republik melancarkan serangan umum ke arah kedudukan-kedudukan Sekutu dan membumi hangus kota Bandung bagian Selatan.
Selain di kota Bandung, di Jawa Barat pertempuran-pertempuran dengan Sekutu dan NICA meletus di mana-mana.

Di Sukabumi terjadi serangkaian pertempuran yang dimulai pada bulan Desember 1945 dan berjalan sampai bulan Maret 1946 yang dikenal sebagai: "Peristiwa Bojongkokosan". Pertempuran-pertempuran lain terjadi di Gunung Masigit (Pertempuran Cemareme), Balaendah, Dayeuhkolot, Cijoho, Gekbrong, Cileungsir, dan sebagainya.

Sumber:30 Tahun Indonesia Merdeka
1945-1949




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Peristiwa Bandung Lautan Api 1946

Posting Komentar