Kekuasaan di Jawa Barat Jaman Penjajahan

Dijual Buku Antik dan Langka
menak sunda
MURID-MURID OSVIA DI BANDUNG
FOTO DIBUAT TAHUN 1903


Perubahan Kekuasaan di Tatar Sunda terjadi saat pemerintah Hindia Belanda menjalankan politik etis. Fungsi bupati dicoba dibersihkan dari tradisi lama. Mereka harus dianggap hanya sebagai salah satu mata rantai dalam dunia birokrasi. Karena itu, mereka perlu lebih mendapatkan pendidkan. Pemerintah Belanda menyediakan pendidikan bagi putra-putra kepala pribumi. Ternyata pendidikan ini bagai pedang bermata dua. Di samping menghasilkan tenaga-tenaga pribumi terdidik, pendidikan Barat juga menghasilkan suatu generasi yang memiliki jiwa baru, antara lain jiwa demokrasi yang diimpor dari Barat. Nilai-nilai baru ini selanjutnya menghasilkan suatu kesadaran berbangsa dan melahirkan organisasi-organisasi pergerakan kemerdekaan.

Dampak dari pendidikan itu di kalangan putra-putra elit lokal (menak) sendiri mulai timbul kecenderungan lain; mereka lebih memilih pendidikan gaya Barat seperti H.B.S. dan perguruan tinggi lainnya bila dibandingkan dengan pendidikan khusus kejuruan untuk para calon amtenar (OSVIA). Setelah lulus, kaum menak muda ini lebih senang memilih pekerjaan-pekerjaan bebas yang bukan pegawai negeri. Sementara itu kaum muda dari kalangan bukan menak, banyak yang memilih pendidikan OSVIA agar nantinya dapat duduk dalam jabatan birokrasi. Mereka inilah yang nantinya dianggap sebagai pendatang baru dikalangan kaum elit lama.

Perkembangan tersebut telah membuka ruang terjadinya sirkulasi elit dan pergeseran elit Sunda dari sistem monarkhi kepada sistem kualifikasi pendidikan. Akan tetapi masih dapat dikenal putra-putra keturunan elit politik lokal lama yang merupakan keturunan raja-raja Sunda dari gelar kebangsawanannya seperti menggunakan gelar kusuma, ningrat, suria dan nagara. Walaupun tidak memiliki wilayah dan kedudukan sebagaimana elit sebelumnya.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Kekuasaan di Jawa Barat Jaman Penjajahan

Posting Komentar