Sejarah Kantor Pos Di Indonesia

Dijual Buku Antik dan Langka


jakarta_tempo_dulu
PENGANTAR POS DI JAKARTA TEMPO DULU

- KANTOR POS PERTAMA DIDIRIKAN DI BATAVIA TAHUN 1746 -
Kantorpos pertama didirikan di Batavia(Jakarta) oleh Gubernur "G.W. Baron van Imhoff" pada tgl 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke negri Belanda.
Pengurus kantor pos tersebut terdiri dari dua orang " posmeester " yang disumpah dan yang dibantu dengan dua orang kerani (Klerk) yang disumpah pula. Termasuk pegawai Kantor Pos ini ialah beberapa pengantarpos. Gaji kerani dan pengantar pos ini dibebankan  kepada penerima-penerima surat. Untuk penyerahan satu surat penerima harus membayar surat kelip,sedangkan untuk paket pos 10 kelip. orang-orang yang dipandang miskin kalau menerima surat dibebaskan dari pembayaran porto tersebut.


Setelah kantor pos Batavia didirikan,maka empat tahun kemudian didirikan kantor pos di Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengiriman. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Krawang,Cirebon dan Pekalongan.
Sesudah itu terdapat perhubungan pos yang teratur antara Batavia dan Priangan  dan Semarang dengan kerajaan-kerajaan Surakarta dan Yogyakarta.

Dari sejarah pos semasa Kompeni dapat diteliti bahwa kata " kantor " yang dikenal sekarang berasal dari kata "COMPTOIR" yang lama-kelamaan menjadi " kantoor "(Belanda) yang dalam bahasa Indonesia manjadi "kantor". Sedangkan kata "pos" berasal dari kata kerja Latin"Ponere" yang berubah menjadi "posita" sebagai bentuk lampau. Kata "posita" ini menjadi "posta" dalam bahasa Itali,menjadi'Poste"dalam bahasa Perancis dan "post" dalam basa Inggris,Belanda dan Jerman. 

Istilah "pos comptoir" antara lain nampak pula pada cap tanggal jaman pemerintahan "Daendels"yang kemudian di Belandakan menjadi "Postkantoor" dan pada gilirannya menjadi "kantorpos".

            
Sumber:Sejarah Pos Dan Telekomukasi Indonesia 1980

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Kantor Pos Di Indonesia

Posting Komentar