Museum Sunda di Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka



bandung tempo dulu
GUBERNUR JENDERAL D.FOCK 
KETIKA MENGUNJUNGI PASAR MALAM JAARBEURS 
DI BANDUNG TEMPO DULU


MUSEUM SUNDA
Untuk menjaga kelestarian alam asli Kota Bandung tempo dulu dan sekitarnya,para bijak bestari pendiri kota ini,pagi-pagi telah mendirikan "Bandoengcshe Comite tot Natuurbescherming" ( Komite Bagi Perlindungan Alam di Bandung). Komite yang didirikan pada tahun 1917 di Bandung ini,dipimpin oleh.Dr.Doters van Leewen sebagai ketua. Dengan anggota pengurusnya terdiri dari Meneer: K.A.R. Bosscha,F.W.R. Diemont,P.Holten dan W.H.Hoogland.

Komite berhasil mengumpulkan dana sebesar f.3.000,- sebagai modal dasar bagi menjaga kelestarian lahan hijau di dalam Kota Bandung.
Komite merencanakan,koservasi seluruh Wilayah Bandung Utara,khususnya daerah sekitar air terjun: Curug Dago.

Daerah sekitar " Dago Waterval " ini direncanakan menjadi " Soenda Openlucht Museum " atau dalam bahasa kita " Museum Alam terbuka Sunda ". Salah satu kenang-kenangan dari Komite ini buat generasi sekarang adalah " huize Dago " atau kemudian biasa disebut " Dago Thee huis ".

Sayang,sejarah kemudian membuktikan,bahwa manusia-manusia penghuni Kota Bandung yang datang kemudian,cuma bisa mewarisi bangunan kota beserta segenap isinya,tanpa sanggup meneruskan semangat dan kearifan dari para pendiri Komite Bagi Perlindungan Alam di Bandung.

 Tidak banyak hal yang bisa kita ketahui tentang hasil upaya kerja dari komite ini,selain sejenis tanaman anggrek yang ditemukan oleh Dr. W.D. van Leewn dkk di wilayah Kota Bandung yang kemudian mereka menamakan " Microstylis Bandoengensis ". Sejenis anggrek kecil yang langka di dunia.

Sumber:Wajah Bandung Tempo Doeloe.1984.Haryoto Kunto




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Museum Sunda di Bandung

Posting Komentar