Sejarah Pendidikan di Kota Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka

bandung tempo dulu
Murid-Murid Kweekschooll


Pendidikan di Kota Bandung Jaman Dulu 
Bandung memang pantas disebut Kota Pendidikan (Intelektual). Belum lagi lewat seperempat awal Abad ke-20, bermacam jenis Sekolah dari berbagai jenjang tingkatan, terdapat di kota ini. 

Dari taman kanak-kanak (Opleidingscholl voor Frobelonderwijzeressen), Van Deventerschool (Sekolah Putri), Sekolah Dasar Belanda (H.I.S), Sekolah Dasar pribumi (Inlansche tweed klasse scholen), S.L.P. (M.U.L.O), S.L.A (A.M.S), dan sekolah-sekolah swasta milik Zending Kristen dan Cina, semula terdapat di Bandung.

Pada tahun 1916 telah dibuka Hoogere Burgerschool (HBS) di Jl. Belitung dan tahun 1922 telah dibuka H.B.S. Katholik beserta asrama khusus bagi siswa putri di Jl. Merdeka. Sumber : Wajah Bandoeng Tempo Doeloe Haryoto Kunto.


Siswa - Siswi Sekolah Dasar di kota Bandung Tempo dulu 

Pendidikan Sekolah Dasar Orang Eropa di Jawa- Barat 

Sekolah Rendah dengan Bahasa Pengantar Bahasa Belanda (Wetersch Lagere Onderwijs).
Pendidikan dasar di Hindia Belanda, khususnya di Tatar Sunda mengalami kemajuan pesat. Berbagai sekolah yang ada merupakan kelanjutan dari abad ke-19 atau didirikan pada abad ke-20.

Pemerintah berusaha untuk menciptakan suatu sistem pendidikan yang umum bagi sekian banyak golongan penduduk yang beraneka ragam, di mana persekolahan didasarkan kepada golongan penduduk menurut keturunan atau lapisan (kelas) sosial yang ada dan menurut golongan kebangsaan yang berlaku waktu itu. Pendidikan dasar mengalami perkembangan dengan tidak mengubah yang sudah ada:

a. Sekolah Rendah dengan Bahasa Pengantar Bahasa Belanda (Westersch Lagere Onderwijs) 1. Sekolah Rendah Eropa atau Europeesche Lagere School (ELS) Seperti telah dikemukakan ELS yang didirikan di Jakarta pada tahun 1817 itu disediakan bagi anak-anak keturunan Eropa, Timur Asing, dan anak-anak tokoh-tokoh terkemuka golongan bumiputra. Lama belajar pada sekolah itu tetap tujuh tahun.

Setelah lahirnya Politik Etis, ELS mengalami perkembangan cukup pesat, baik jumlah sekolah maupun jumlah muridnya. Hal ini disebabkan sekolah itu tidak hanya didirikan oleh pemerintah, tetapi juga oleh pihak swasta.

2. Sekolah Bumiputra (Inlandsche School) Kelas Satu Sekolah ini terbagi atas dua katagori: 1. Sekolah Cina-Belanda atau Hollandsch-Chineesche school (HCS) yang terbuka bagi anak-anak keturunan Timur khususnya bangsa Cina.

Sekolah ini pertama kali didirikan pada tahun 1908. Lama belajarnya tujuh tahun dengan bahasa pengantar bahasa Belanda. Setelah HIS berdiri, perkembangan HCS sejalan dengan HIS. HCS di Jawa Barat antara lain terdapat di Bandung dan Jakarta. Oleh Nina H. Lubis - Sejarah Tatar Sunda.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Pendidikan di Kota Bandung

Posting Komentar