Sejarah Asal Usul Rampogan Macan di Pulau Jawa

Dijual Buku Antik dan Langka

rampogan macan


Rampogan Macan
Secara etimologis Rampogan Macan terdiri dari 2 kata yaitu Rampogan yang artinya rayahan atau rebutan dan Macan atau Harimau, bila diartikan secara keseluruhan maka Rampogan Macan adalah sebuah kegiatan rebutan Macan untuk dibunuh secara beramai-ramai dengan menggunakan tombak ataupun benda tajam lainnya.


Secara filosofis Rampogan Macan memiliki arti yang beragam. Di Karaton Surakarta Hadiningrat, kegiatan Rampogan Macan diselenggarakan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan maupun para pejabat dari Belanda, sehingga secara tersirat kegiatan ini ditujukan untuk memperlihatkan bahwa kekuatan rakyat dapat mengalahkan kekuasaan para penjajah yang dilambangkan dalam bentuk Macan. 

Di kalangan para prajurit dan masyarakat kegiatan Rampogan Macan justru dijadikan ajang unjuk kekuatan dan keberanian dalam menghadapi Macan yang buas dan berbahaya.

Berbeda dengan di Keraton Surakarta Hadiningrat, perhelatan Rampogan Macan yang diselenggarakan di Blitar diadakan sebagai sebuah kegiatan budaya untuk menghibur dan meramaikan Hari Raya Idul Fitri. Karena melibatkan banyak orang, maka acara ini tidak cuma sekedar sebagai sebuah acara hiburan semata, tetapi kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk merayakan Idul Fitri.

Perhelatan Rampogan Macan merupakan sebuah kegiatan yang mulai diadakan pada tahun 1890 di Karaton Surakarta Hadiningrat dan dilarang pada tahun 1905 pada masa pemerintahan Inggris oleh Raffles yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Jendral.

Pelarangan ini sekaligus membuat perhelatan Rampogan Macan menjadi sebuah perhelatan budaya yang terkubur dan jarang sekali diketahui kisahnya. Pelarangan ini berhubungan dengan pelestarian lingkungan dimana Macan merupakan hewan yang dilindungi.Apalagi sekarang populasinya semakin berkurang dan habitatnya pun sudah semakin terganggu.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Asal Usul Rampogan Macan di Pulau Jawa

Posting Komentar