Taman Bunga Pertama di Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka






Pieterpark - Taman Merdeka - Kebon Raja
Pieter park yang dibangun tahun 1885 adalah Taman Bunga pertama yang dibangun di Kota Bandung.

Orang yang mendapat kehormatan merencanakan pembangunan Pieter Park adalah Meneer R. Teucser, Botanikus yang  tinggal dipojok Jl. Tamlong-Naripan.

Bentuk dari taman sebenarnya sederhana,datar dan nyaris bujur sangkar. Jaringan jalan dalam taman menyerupai  huruf  Y. Ditengah taman pada pertemuan ketiga jalur jalan, dibangun sebuah bangunan Koepel, tempat orang  berteduh atau untuk bermain Muziek Orkes (Brass-Band) setiap malam minggu.


Untuk menjaga kesuburan dan kelembaban tanah di sekitar Pieter Park, maka digalilah sebuah kanal memanjang  di tepi utara taman. Yang membatasi taman dengan pekarangan kantor Gemeente Bandung. Melintasi kanal dibangun  sebuah jembatan besi yang melengkung seperti jembatan Kereta Api.


Gemercik air yang mengalir pada saluran kanal bersumber dari Sungai Cikapayang yang hulunya terletak di Taman  Sari atas (Lembah Cikapundung belakang Kebon Binatang).


Untuk menggali saluran dikerahkan berpuluh penduduk Kampung Balubur dan Taman Sari.

Melalui saluran yang digali penduduk, air dari Cikapayang dialirkan menuju 4 buah taman di Kota Bandung:

 1. Izjermanpark (Taman Ganesa)

 2. Pieterpark (Taman Merdeka)
 3. Molukkenpark (Taman Maluku)
 4. Insulindepark (Taman Nusantara/Taman lalu-Lintas).

Menurut seorang sesepuh di daerah Tamansari, penggalian saluran itu sempat merenggut jiwa 6 orang pekerja.  Mereka meninggal tatkala galian sampai di jembatan Cikapayang, utara Pasar Balubur. Konon menurut cerita  masyarakat setempat, pada lokasi yang terkena galian itu, terdapat sebuah makam kuno, yang Angker. (Wallaahu'alam). Sumber: Wajah bandoeng Tempo Doeloe - Haryoto Kunto


                                         
                                  


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Taman Bunga Pertama di Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar