Bandung Tempo Dulu Neraka Bagi Orang Belanda

Dijual Buku Antik dan Langka


cimahi tempo dulu
APOTEK GARNISUN CIMAHI  TEMPO DULU
FOTO DIBUAT TAHUN 1907




cimahi tempo dulu 2
HOTEL CIMAHI TEMPO DULU




cimahi tempo dulu
ANAK-ANAK EROPA DI CIMAHI TEMPO DULU



Bandung Tempo Dulu Neraka Bagi Orang Belanda 
Dengan penandatanganan kapitulasi Belanda kepada Bala Tentara Jepang di Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942, yang notabene bertentangan dengan tekad mereka semula " lebih baik mati dari pada hidup bertekuk lutut ", maka Bandung yang semula adalah " sorga di atas bumi ", kemudian berubah menjadi " Neraka " bagi orang Belanda tempo doeloe.

Daerah pemukiman sekitar Jalan. Taman Sari, Cihapit,Cikudapateuh, dan Flat-complex "Orcottpark"(di jalan Merdeka tempo doeloe) ,telah dijadikan kamp konsentrasi oleh tentara Jepang, untuk menampung tawanan Belanda.

Dr. F. van Leewen,seorang guru A.M.S. di Bandung yang menjadi interniran Jepang di salah satu Kamp di Bandung.berkata kepada seorang muridnya Bangsa inlander (pribumi): " harus menjalani karma dari bangsaku yang telah menyengsarakan bangsamu (orang pribumi) lebih dari tiga abad lamanya !" Kasadaran batin seorang " penguasa " yang terlambat.

Rintihan penderitaan warga Belanda di Kota Bandung yang menjalani kehidupan dalam kamp. Jepang, dapat anda baca dari buku: Mr. W.H.J. Ellias,"Indie Onder Javansche Hiel". 'S Gravenhage,1947;Jo manders, Paradijs op Aard", Batavia 1947; Nederlandsche Padvinders,"Achter kawat en gedek".1947.

Sumber:Wajah Bandoeng Tempo Doeloe,
Haryoto Kunto.1984




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Bandung Tempo Dulu Neraka Bagi Orang Belanda

Posting Komentar