Dongeng Anak - Anak Burung Elang dan Burung Merpati

Dijual Buku Antik dan Langka

Dongeng Anak - Anak Burung Elang dan Burung Merpati


Burung Elang dan Burung Merpati
Seekor burung elang sedang mengintai burung-burung merpati untuk ditangakpnya. Tetapi entah apa sebabnya, burung itu selalu luput dari incaran. Selalu selamat masuk ke kandangnya.

Elang menyangka bahwa bayangan tubuhnya yang selalu terlihat di tanah itulah yang menyebabkannya. burung elang memutuskannya untuk mencari mangsa pada waktu cuaca berawan. Dengan demikian bayangannya tidak akan kelihatan di tanah. Namun usaha inipun gagal juga, burung-burung merpati masih tetap selamat. Jalan yang baik ialah dengan menipunya.


Berhari-hari elang mencari tempat yang baik. Akhirnya dia menemukan tempat yang dimaksud. Tidak jauh dari kandang merpati terdapat sebuah pohon yang telah mati. Burung elangpun mulai bertengger sambil merayu burung merpati yang lewat di situ.


" Hai, teman-temanku merpati, kemarilah ! Bukankah kalian membutuhkan perlindunganku dari ancaman burung dari ancaman burung elang yang lain? Seandainya kalian setuju, aku bersedia menjadi pelindung kalian. Apalagi kalau kalian mau mengangkatku sebagai penguasa di sini. keselamatan kalian pasti akan terjamin. Kalian akan bebas terbang kesana kemari tanpa ada yang engganggu. Hidup kalian akan tenteram dan damai.


Burung-burung merpati mendengar rayuan elang yang menarik itu tergiur hatinya. Segera mereka bersepakat untuk menyetujui pengangkatan burung elang sebagai penguasa di sekitar kandang merpati itu.


Setelah elang itu diangkat sebagai  penguasa, timbul kembali nafsu jahatnya. Bencana yang melanda merpati itupun tibalah. Segera elang itu membuat peraturan, bahwa setiap pagi seekor merpati harus diserahkan untuk dijadikan santapan pagi.


Demikianlah yang tunduk kepada yang lalim, harus mau menanggung kesengsaraan. Sumber: Kumpulan Dongeng oleh Sulartoyo Sunoko dan Bandi - Penerbit TARATE Bandung 1977



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dongeng Anak - Anak Burung Elang dan Burung Merpati

Posting Komentar