Dongeng Anak Anak | Serigala Dan Burung Gagak

Dijual Buku Antik dan Langka

serigala dan gagak



Serigala Dan Burung Gagak
Tersebutlah seekor serigala sedang mengintai seekor burung gagak yang baru saja mencuri sekerat daging. Sambil menggit daging, burung gagak itu kelihatan bingung mencari tempat yang baik untuk menikmati hasil curiannya.
Dia tidak menyadari sedang diintai serigala.

Serigalapun menginginkan daging yang sedang digigit gagak itu. Dia berusaha untuk menipunya.

Ditengah kebingungan itu, gagak mendengar suara dari bawah memanggil -manggil namanya. " O, alangkah bahagianya tuan gagak,hari ini. Gagak itu menoleh ke bawah.
Daging yang sedang digigit terlihat oleh serigala itu. Sehingga terbit air liurnya.

" Aduhai, tuan gagak yang tampan. Baru kali ini aku melihat seekor burung gagak yang mempesonakan. Bulu yang hitam kelihatan mengkilap menyilaukan. Lagi pula dada yang bidang tak ubahnya seperti burung elang.

Tambahan lagi, o, maafkan, kaki tuan yang kokoh itu, kuat seperti baja. Di samping itu akam belum pernah mendengar suara tuan, yang kabarnya merdu sekali. Aku yakin bahwa suara tuan paling merdu dari sekian banyak burung yang menghuni hutan ini.

Mata gagak itu bersinar-sinar kegirangan. Dia berpikir bahwa sanjungan serigala itu pasti ada benarnya. Tidak mungkin berkata demikian kalau tidak melihat kenyataan.

" Baiklah akan ku buktikan kebolehanku," pikir gagak itu dalam hati Segeralah dia berteriak sekuat tenaga, lalu jatuhlah daging itu. Waktu itu juga ditangkapnya lah daging itu oleh serigala dan dimakannya.

" Sudah tuan, Suara tuan yang serak itu ternyata telah memekakan telingaku. Dan yang lebih penting waspadalah terhadap sanjungan yang menyelakakan. Sementara itu gagak termenung sedih menyesali kebodohannya.

Sumber kumpulan dongeng oleh Sulartoyo dan Bandi
penerbit TARATE Bandung  1977





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dongeng Anak Anak | Serigala Dan Burung Gagak

Posting Komentar