Sejarah Penanaman Kopi di Priangan

Dijual Buku Antik dan Langka


bandung tempo dulu
KEDIAMAN BOSCHA DI PERKEBUNAN 
MALABAR PANGALENGAN

Johan van Hoorn dan Hendrik Zwarrdeeroon adalah dua orang Belanda yang pertama mencoba menanam tanaman kopi di daerah Jakarta dan Priangan, kira-kira tahun 1700.

Namun karena iklim dan bibit kopi yang kurannng baik,usaha penanaman bahan komoditi yang langka di Eropa itu, masih kurang memuaskan. Baru setelah Pieter Engelhard membuka perkebunan kopi di daerah selatan lereng gunung Tangkuban Parahu, beberapa puluh pal dari kota Bandung (tanjakan Jln. Setiabudi sekarang) penanaman kopi berhasil baik.

Penanaman kopi yang dimulai oleh Engelhard di tahun 1789 dengan mengerahkan ratusan penduduk pribumi,hasilnya sangat memuaskan pada tahun 1807.

Bibit kopi tanaman Engelhard kemudian menyebar luas ke perkebunan kopi lainnya dilereng gunung. Patuha, Gn. Mandalawangi,Gn. Galunggung dan Gunung. Malabar.

Sejak saat itulah penduduk pribumi Priangan, banyak yang beralih kerja,dari sawah ke usaha perkebunan kopi.

Begitu pula kopi hasil tanaman pieter Engelhard yang terkenal sebagai "Javakoffie" epat mendapat pasaran di Eropa. Sekaligus dapat menggantikan kopi pait-buruk dan tidak enak yang sementara itu dihidangkan oleh "Ie mauvais afe de Batavia' (kopi buruk dari Batavia) di awal Abad ke-18 .

Sumber:Wajah Bandung Tempo Doeloe.Haryoto Kunto.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Penanaman Kopi di Priangan

Posting Komentar