Sejarah Singkat Kabupaten Sumedang

Dijual Buku Antik dan Langka



pangeran sumedang
Pangeran Aria Soeriaatmadja 
Bupati Sumedang 1882-1919




Sejarah Singkat Sumedang 
Dalam catatan sejarah Indonesia, Gubernur Jenderal Daendels (1809) pernah membuat jalan raya dari Anyer (Jawa-Barat) ke Panarukan (Jawa-Timur), dalam pembuatan jalan tersebut melewati kawasan Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) sekarang ini, sebagai peringatan atas kepahlawanan Pangeran Kornel yang saat itu menjadi Dalem Sumedang dibuat satu tugu di wilayah Cadas pangeran. Tugu tersebut menggambarkan bagaimana sikap pangeran Kornel terhadap rakyatnya yang tertindas.

Sebelum menjadi Kabupaten seperti sekarang ini. Sumedang merupakan sebuah Kerajaan yang bernama Sumedang Larang kerajaan ini menjadi kerajaan yang merdeka dan berdaulat setelah runtuh Pajajaran, yang menurut naskah lama yang disimpan di Museum Geusan Ulun diungkapkan bahwa bubarnya Kerajaan Pajajaran terjadi tanggal 14 Syafar Jim Akhir, kemudian dari berbagai sumber di antaranya, Panitia hari jadi Sumedang menetapkan bahwa tanggal tersebut bertepatan dengan 22 April 1576 M. Yang pertama kali menjadi Nalendra Sumedang larang adalah Geusan Ulun.

Sumedang mempunyai ciri khas sebagai kota kuno khas di Pulau Jawa, yaitu terdapat Alun-alun sebagai pusat yang dikelilingi Mesjid Agung, rumah penjara, dan kantor pemerintahan. Di tengah alun-alun terdapat bangunan yang bernama Lingga, tugu peringatan yang dibangun pada tahun 1922. Dibuat oleh Pangeran Siching dari Negeri Belanda dan dipersembahkan untuk Pangeran Aria Soeriaatmadja atas jasa-jasanya dalam mengembangkan Kabupaten Sumedang.

Lingga diresmikan pada tanggal 22 Juli 1922 oleh Gubernur Jenderal Mr. Dr. Dick Fock Sampai saat ini Lingga dijadikan lambang daerah Kabupaten Sumedang dan tanggal 22 April diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Sumedang. Lambang Kabupaten Sumedang, Lingga, diciptakan oleh R. Maharmartanagara, putra seorang Bupati Bandung Rd. Adipati Aria Martanegara, keturunan Sumedang. Lambang ini diresmikan menjadi lambang Sumedang pada tanggal 13 Mei 1959.
(Dari berbagai sumber}


 
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Singkat Kabupaten Sumedang

Posting Komentar