Sejarah Singkat Gedung Merdeka Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka



gedung merdeka
GEDUNG MERDEKA DI BANDUNG TEMPO DULU


Sejarah Singkat Gedung Merdeka.
Gedung kayu yang baru ditempati oleh Soos-Concordia pada tahun 1890 dibeli dari pemiliknya,seorang Cina.

Menurut Pendeta Marius Buys yang menjadi Dominee Gereja Protestan di Bandung dari tahun 1887-1890 gedung Concordia tersebuat semula adalah gedung serba guna yang pernah dijadikan Gedung Tonil Braga, tempat pertemuan "Bandoengsche Lanbouwvereeniging,untuk vergaderingen (rapat),dan jadi tempat khotbah agama Kristen protestan.Societiet Concordia kelewat ekslusip,terbatas anggotanya hanya buat orang Eropa (personen van Europese afkomst),atau orang non Eropa yang sudah disamakan (als Nederlanders genatulaliseerde),dan para pemuka/penggeda masyarakat (aanzienlijke rang of maashapeljke positie).

Bagi orang Belanda yang berpangkat rendah seperti komis atau klerk dan juga orang-orang Indo Belanda lainnya yang ditolak masuk Concordia,cukuplah mereka berleha-leha menghibur diri di Soos "Ons Genoegen" (Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan-Naripan).


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Singkat Gedung Merdeka Bandung

Posting Komentar