Buku Lama Babad Tanah Sunda Dan Babad Cirebon

Dijual Buku Antik dan Langka







Pangeran Kuningan
Diceritakan di Kuningan setelah wafatnya Dipati Anwangga asal Cianjur pejabat kepada daerah Pangeran Kuningan. Ki Gedeng Kemuning dengan hirmat hendak memberi tahu kepada Cirebon bersama dengan Pangeran Kuningan dan empat orang putra lelaki Dipati Awangga.

Segera mereka datanglah sudah di hadapan Jeng Sunan Cirebon. Berkata Sunan Cirebon. "Selamat datang Gedeng Kemuning, kemungkinan ada warta yang penting." Segera Ki Gedeng Kemuning berkata. "Semoga jadi pengetahuan. Dalem karena rayi Dalem Dipati Awangsa sudah sirna sempurna meninggalkan empat anak lelaki, dan ini menghadapkan putra Dalem Pangeran Kuningan mudah-mudahan sudah seyogya menjadi Adipati memangku negara."

Jeng Sunan Jati meluruskannya,lalu berkata: "Sekarang putraku Pangeran Kuningan aku angkat dengan diberi gelar Pangeran Dipati Awangga yang memangku negara Kuningan dan anak anda yang jadi saudara tunggal menyusu. Adapun anak rayi Dipati Awangsa diberi nama yang pertama Dipati Anom, yang kedua Dipati Cangkwang,yang ketiga Dipati Sukawayana dan yang keempat Dipatinunggal menjabat sebagai pembantu Dipati Awangga/Pangeran Dipati Kuningan, adapun anak anda Arya Kemuning menjabat sebagai pelaksananya."

Setelah selesai keputusan Jeng Sunan Jati, Gedeng Kemuning lalu mohon pamit bersama Pangeran Dipati Awangga pulang kembali menuju Kuningan pada tahun 1499 M.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Buku Lama Babad Tanah Sunda Dan Babad Cirebon

Posting Komentar