Lagu Indonesia Raya Pertamakali Dinyanyikan

Dijual Buku Antik dan Langka






Lagu Indonesia Raya  Pada 8 Oktober 1928 malam, di JI. Kramat Raya 106 Jakarta, pemuda Wage Rudolf Supratman (9 Maret 1903-1938) menyebarkan link konsep suatu lagu kepada hadirin disana. 

Pada malam penutupan Kongres Pemoeda pada bulan Desember 1928. Supratman dengan gesekan biolanya mengiringi sebarisan  paduan suara, mengetengahkan lagu  ciptaannya yang berjudul Indonesia Raya.

Dua bulan kemudian ode (lagu pujian perjuangan) tersebut menjadi amat populer, terutama dipelopori anggota Kepanduan bangsa Indonesia, sebab dalam lirik ode tersebut ada kalimat jadi pandu ibuku.

Supratman putra Sersan KNIL Djoemeno Senen Sastrosoehardjo di saat itu memang sudah dikenal sebagai komponis, serta wartawan dan penulis muda berbakat. 

Berkat pergaulannya cukup luas dikalangan kaum muda, hatinya tergerak untuk menciptakan ode itu, walau kemudian oleh beberapa pengamat dikatakan Lagu Indonesia Raya itu terpengaruh La Marseille ciptaan Rouget de L'isle (1922).

Lagu ini pada masa penjajahan Belanda sempat menghebohkan, tahun 1930 Indonesia Raya dilarang dinyanyikan umum, karena dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan. Supratman diinterogasi dan ditanya mengapa memakai kata Merdeka-Merdeka. Dia menjawab kata-kata itu diubah pemuda lainnya sebab link aslinya Moelia-Moelia. Protes pun berdatangan sampai volkraad turun tangan. Akhirnya lagu Indonesia Raya minus lirik Merdeka-Merdeka boleh dinyanyikan, asal dalam ruangan tertutup.

Menjelang ujung umurnya, setelah menciptakan lagu. Dari Barat Sampai ke Timur, Bendera Kita, Ibu Kita Kartini dan lainnya. Supratman pada 7 Agustus 1938 ditangkap Belanda di Surabaya, gara-gara lagunya yang berjudul Matahari Terbit yang dianggap mengandung simpati terhadap Kekaisaran Jepang. Lagu itu pun dilarang diperdengarkan di muka umum. Tak lama kemudian W.R.Supratman yang dinyatakan ekstrem ini wafat.  Sumber : Intisari. Agustus 1991




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Lagu Indonesia Raya Pertamakali Dinyanyikan

Posting Komentar