Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka


Bandung tempo Dulu
Pengibaran bendera anggota
Konferensi Asia - Afrika 25 April 1955
  


Konferensi Asia - Afrika di Bandung 
Dengan diprakasai oleh lima negara Asia, yaitu Indonesia, India, Pakistan, Birma, dan Sri Langka, pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 25 April 1955 di Bandung diselenggarakan Konferensi Asia —Afrika. 

Konferensi ini diikuti oleh 29 negara Asia-Afrika, yaitu: Afghanistan, Birma, Jepang, Ethiopia, Filipina, Gold Coast (Ghana), India, Indonesia, Irak, Iran, Kamboja, Laos, Libanon, Liberia, Libia, Muangthai, Mesir, Nepal, Pakistan, Republik Rakyat Cina, Saudi Arabia, Sri Langka, Sudan, Suriah, Turki, Vietnam Selatan, Vietnam Utara, Yaman, dan Yordania.

Sebelum konferensi tersebut diadakan, kelima negara pemrakarsa telah mengadakan serangkaian pertemuan persiapan pertama di Kolombo pada bulan April 1954 dan kemudian di Bogor pada bulan Desember dalam tahun yang sama.

Konferensi Asia-Afrika diselenggarakan dalam suasana makin meningkatnya perjuangan bangsa-bangsa terjajah untuk memperoleh kemerdekaannya serta usaha-usaha. untuk menggalang persatuan dan solidaritas di antara negara-negara yang berkembang dan merdeka. Situasi internasional pada masa itu diliputi oleh kecemasan adanya perlombaan senjata antara Blok Barat dan Blok Timur dan kecemasan akan tim-bulnya perang atom. Situasi ini mendorong negara-negara yang sedang berkembang untuk mencari jalan membantu meredakan ketegangan dunia dan memelihara perdamaian.

Dalam agenda konferensi tercantum pokok-pokok pembicaraan yang mencernin-kan masalah-masalah internasional yang hangat pada waktu itu. Agenda tersebut antara lain mencantumkan usaha-usaha untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan kebudayaan : hak asasi manusia dan hak menentukan nasib sendiri, termasuk soal rasialisme, masalah rakyat-rakyat terjajah, antara lain soal Afrika Utara dan Irian Barat; perdamaian dunia dan kerja sama internasional, termasuk beberapa aspek mengenai PBB : hidup berdampingan (co-existence); soal lndocina, Aden : masatah perlucutan senjata (disarmament), dan masalah senjata penghancur yang dahsyat (weapons of mass destruction).

Konferensi ini menghasilkan berbagai keputusan penting yang dituangkan di dalam suatu komunike bersama. Di samping itu telah pula disetujui prinsip-prinsip hubungan internasional dalam rangka memelihata dan memajukan perdamaian dunia. Prinsip-prinsip tersebut dikenal dengan Dasasila Bandung.

  • Lengkapnya Dasasila Bandung adalah sebagai berikut :
  • Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang ter-muat dalam Piagam PBB.
  • Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa.
  • Mengakui persamaan semua ras dan persamaan semua bangsa baik besar maupun kecil.
  • Tidak melakukan intervensi atau campur tangan dalam soal-soal dalann negeri negara lain.
  • Menghormati hak tiap-tiap bangsa untuk mempertahankan din i sendiri secara sendirian atau secara kolektif, yang sesuai dengan Piagam PBB.
  • Tidak menggunakan peraturan-peraturan pertahanan kolektif untuk bertin-dak bagi kepentingan khusus salah satu negara besar; b. Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain.
  • Tidak melakukan tindakan-tindakan atau ancaman agresi ataupun penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara.
  • Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan jalan damai, seperti pe-rundingan, persetujuan, arbitrase atau penyelesaian hukum atau cara damai la-in-lain lagi menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan, yang sesuai dengan Piagam P8B.
  • Memajukan kepentingan bersama dan keria sama.
  • Menghormati hukum dan kewajiban-kewajiban internasional.


Sumber:30 Tahun Indonesia Merdeka.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung

Posting Komentar