Plesetan Bahasa Belanda di Keraton Jogjakarta

Dijual Buku Antik dan Langka


jogjakarta tempo dulu

 
P.B.B. Pradjurit Kraton Jogjakarta

Acara kunjungan Ratu Juliana ke Indonesia beberapa tahun yang silam menarik perhatian bagi wartawan Belanda adalah kunjungan ke Kraton Jogjakarta. Disana, rombangan disambut dengan upacara adat keraton, yaitu dengan penghormatan pasukan/prajurit Kraton dengan seragam keasliannya. Salah seorang wartawan Belanda menanyakan pada si penulis, tentang bahasa yang digunakan untuk aba-aba. Saya katakan, lho itu kan bahasa anda (Belanda).

Sekali lagi dia kulihat memperhatikan aba-aba yang digunakan, juga lagu-lagu tamburan rupanya menarik perhatiannya. Tentu saja wartawan Belanda tersebut bingung menerkanya, betapa tidak, aba-aba memang menggunakan bahasa Belanda, tetapi dijawakan.

Aba-aba tersebut antara lain sebagai berikut:

"Hip-ah" maksudnya "geeft acht" yang artinya" siap gerak. Rekete (rechtsrichten) = lencang kanan : Hup sekudur uwir (Over shouder geweer) pundak senjata; Honden sekudur uwir : (Aan den schouder geweer) sandang senjata : Hup-ling dan. Hup-reh (hoofd links/hoofd rechrs) = hormat kiri/hormat kanan. Sentir Uwir (presenteer geweer) = hormat senjata, dll.


Prajurit kraton Jogjakarta di Tamansari 1941
Menurut Kol. H. Soeprapto (ex Kepala Museum A.D.) Peraturan Baris-Berbaris (P.B.B.) Pradjurit Kraton memang mirip P.B.B. T.N.I. yang kembali seperti P.B.B. KNIL tahun 1939 dengan sedikit perubahan. Sedang P.B.B. "T.N.I" sekarang mirip PBB Pradjurit Kraton Ngajogjakarta tahun 1938 dan sebelumnya. Hanya bedanya pelaksanaan PBB Kraton itu dengan cara yang enak, sa-madya atau stel kendo.

Begitu pula mengenai musiknya. Lagu-lagu tamburan diiringi seruling untuk lagu-lagu Mars v.d. Broek, Mars Marinier dll, disamping lagu-lagu ciptaan pujangga Kraton sendiri yang biasanya khusus untuk gerak pelahan. Sumber INTISARI Juli 1972.No.108.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Plesetan Bahasa Belanda di Keraton Jogjakarta

Posting Komentar