Sejarah Tertangkapnya Gembong DI/TII Karto Suwiryo

Dijual Buku Antik dan Langka







Tertangkapnya Gembong DI/TII  Karto Suwiryo
Tertangkapnya Sekarmadji Marijan Kartpsuwiryo, Punahnya Pemberontakan DI/TII.
Di samping operasi-operasi merebut kembali Irian Barat, ABRI secara bersamaan telah meningkatkan pula operasi-operasi pemulihan keamanan di dalam negeri dengan hasil yang gemilang.

Di Jawa Barat operasi-operasi militer dilancarkan dengan mengikut sertakan rakyat, yang kemudian dikenal sebagai Pagar Betis. Kerja sama dengan rakyat ini mem-percepat berhasilnya penumpasan DI/TII di Jawa Barat.

Pada tanggal 4 Juni 1962, Kartosuwirjo yang ditinggalkan oleh anak buahnya ditangkap beserta keluarga dan pengawalnya di atas Gunung Geber di daerah Majalaya (di Selatan Bandung) oleh kesatuan-kesatuan Siliwangi dalam rangka Operasi Bratayudha. 

Pada tanggal 14 Agustus 1962 Kartosuwirjo diajukan ke muka Mahkamah Angkatan Darat dalam Keadaan Perang untuk Jawa-Madura dan dijatuhi hukuman mati pada tanggal 16 Agustus 1962.

Dengan ditangkapnya gembong DI/TII ini, berakhirlah pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang telah berlangsung sejak masa Perang Kemerdekaan.

Demikian pula, gerakan-gerakan DI/TII di daerah-daerah lainnya pun satu per satu dihancurkan: Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan, Daud Beureueh di Aceh, dan Kahar Muzakar di Sulawesi Selatan. Sumber:30 Tahun Indonesia Merdeka.

Dijual Buku  Peristiwa Pemberontakan DI/TII di Aceh  Disini 




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Tertangkapnya Gembong DI/TII Karto Suwiryo

Posting Komentar