Arsitektur Gedung Sate

Dijual Buku Antik dan Langka




Pekerjaan menara merupakan 
pekerjaan tahap akhir Gedung Sate




Arsitektur Gedung Sate
Saat itu, terpilih karya arsitek Ir.J. Berger dan kelompoknya yang bernuansa wajah arsitektur tradisional nusantara. Pilihan itu tidak lepas dari masukan pendapat maestro arsitek Belanda Dr. Hendrik Petrus Berlage. 

Tidak heran, banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan terbaik di Indonesia menyatakan Gedung Sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur yang unik. 

Seperti diungkapkan Cor Pashier dan Jan Wittenberg, dua arsitek Belanda, gaya arsitektur adalah gaya hasil eksperimen sang arsitek yang mengarah pada bentuk gaya arsitektur Indo Eropa (Indo Europeeschen architectuur Stijl). 

Gaya arsitektektur Gedung Sate menurut Cor Pashier, merupakan pencarian bentuk atau gaya baru yang memadukan wajah timur dan barat yang ditopang teknik kontstruksi maju dari negeri barat. Tidak mustahil bile keanggunan Candi Borobudur ikut mewarnai Gedung Sate. 

Pendapat ini datang dari D. Ruhl yang terangkum dalam bukunya 'Bandoeng en haar Hoogvlakte" (1952). la berpendapat, Gedung sate adalah bangunan terindah di Indonesia (het mooiste gebouw van Indonesie). BACA BERIKUTNYA >>


Sumber : Sejarah gedung Sate.
History of Gedung Sate 





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Arsitektur Gedung Sate

Posting Komentar