Cara Mudah Menbedakan Batik Tulis Dengan Batik Cap

Dijual Buku Antik dan Langka




batik tulis
PENJUAL BATIK TEMPO DULU


Membedakan Batik Tulis Dengan Batik Cap
Masih banyak wanita-wanita kita yang tidak mengetahui bedanya jenis kain batik. "Apakah batik itu batik tulis atau cap" asal batik yang kelihatannya bercorak dan berwarna mentereng dengan harga yang tinggi itu yang hebat. Akibatnya sesudah dicuci tiga empat kali hilanglah seluruh kemegahan dari batik yang mentereng ini.

Sebenarnya yang dinamakan batik, pada asal mulanya, ialah kain yang dibatik. Dan kain yang tidak dibatik adalah dinamakan kain cap (karena dicap pembuatannya). Tetapi karena sudah merata menjadi omongan umum batik adalah dimaksud seluruh kain, jadi ya hampir hilanglah apa arti batik itu sesungguhnya.

Untuk wanita-wanita yang mengetahui akan, perbedaan dari kedua jenis ini antara kain batik dan kain cap, tentu akan memilih kain batiknya karena. Kain yang dibatik selain kain putihnya dapat dijamin bagusnya, corak serta warnanya akan tetap baik. Bahkan semakin lama kain itu dipakai semakin nampak bagusnya.

Lain dengan,kain cap. Kain cap hanya nampak garang, coraknya tidak berbeda dengan kain batik. Bahkan cap yang halus hampir mirip dengan kain batik. Tetapi seni corak batiknya tentu saja tidak seperti seni corak, kain batik sesungguhnya. Harganyapun berbeda. Kain yang dibatik atau yang dikatakan orang kain batik tulis lebih mahal dari kain batik yang dicap.

Bagaimana untuk menandai perbedaan dari kedua kain ini. Gampangnya, perhatikan titik-titik atau corat-coret yang ada dalam coraknya, Kain yang dibatik tidak akan sama dan symetris garis-garis nya, tentu terasa tidak kesamaan rata ini ada, titik-titiknya juga tidak rapi sama besarnya. Lain dengan kain cap karena dicetak, maka tentu saja nampak rapi dan sama. Sumber:Majalah Keluarga No.5. mei 1961.




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Cara Mudah Menbedakan Batik Tulis Dengan Batik Cap

Posting Komentar