Gaya Hidup Raja Raja Sunda Jaman Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka





bandung tempo dulu
Para Bupati Priangan bersama istri-istrinya 


Gaya Hidup Kerajaan Sunda
Sumber-sumber lokal, juga sumber asing, secara implisit menggambarkan bagaimana gaya hidup masyarakat pada masa Kerajaan Sunda meskipun hanya menyangkut masyarakat elite. Tome Pires (1513- 1515 ) menyebutkan bahwa Raja Sunda adalah seorang yang sangat perkasa dan senang berburu.


Di negerinya terdapat rusa yang tak terhitung banyaknya, celeng, dan banteng. Kesenangan berburu ini juga rupanya menjadi kesenangan para kepala di pelabuhan. Orang-orang penting ini sangat disegani penduduk setempat. Mereka adalah pemburu-pemburu tangguh yang melewatkan sebagian besar waktu mereka untuk bersenang-senang.

Mereka juga memiliki kuda-kuda yang dihias dengan indah. Apabila diperhatikan sumber-sumber lokal yang disebut di atas, jelas pula bahwa masyarakat elite, menikmati hidup ini juga dengan berkesenian, baik sebagai penikmat maupun sebagai kreator.

Jenis-jenis kesenian yang ada, mulai dari seni tari, seni musik, seni patung, dan seni sastra sudah dikenal sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat waktu itu. Raja memiliki dua permaisuri dan sekitar seribu selir. Gambaran yang diberikan Tome Fires mungkin berlebihan; dalam naskah lokal, hanya disebutkan bahwa konon istri Prabu Siliwangi itu jumlahnya 151 orang.

Ini adalah gambaran masyarakat atas. Tidak diketahui bagaimana kehidupan keluarga di kalangan rakyat biasa, apakah meniru panutannya atau tidak. Kehidupan elite yang gaya ini mendapat dukungan lingkungan. Menurut Tome Pires (1513-1515), para saudagar Sunda menawarkan pakaian yang diimpor dari Cambay (India), seperti tuna, tiricandis, caydes. Banyaknya jenis kain batik, menyiratkan bahwa soal fesyen (fashion) adalah soal gaya hidup masyarakat yang dianggap penting. Sumber: Sejarah Tatar Sunda Oleh: Nina H. Lubis. 


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Gaya Hidup Raja Raja Sunda Jaman Dulu

Posting Komentar