Foto-Foto Garut Tempo Dulu Bagian 3

Dijual Buku Antik dan Langka


WIRATANUDATAR VII
BUPATI LIMBANGAN GARUT



wiratanudatar 8
BUPATI GARUT
WIRATANUDATAR VIII
FOTO DIBUAT TAHUN 1910


BUPATI GARUT WIRATANUDATAR VIII BESERTA PARA BAWAHANNYA
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1880-1916

Raden Adipati Aria Wiratanudatar VIII adalah Bupati Kabupaten Garut yang pertama, setelah Kabupaten Limbangan menjadi Kabupaten Garut oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda tahun 1913.

Sewaktu kecil namanya Raden Jenon, beliau keturunan dari Cianjur, keturunan dari Dalem Cikundul (Wiratanudatar I).
Beliau menikah dengan Raden Ayu Lasminingrat dan meninggal pada tahun 1916, serta dimakamkan di samping makam ayahnya di belakang Mesjid Agung Garut.





pameungpeuk garut
ANAK-ANAK DI GARUT PAMEUNGPEUK BERKERUMUN 
SAAT ORANG-ORANG EROPA MENGUNJUNGI KAMPUNG MEREKA
DENGAN MENGGUNAKAN MOBIL .FOTO DIBUAT TAHUN 1918.

Kabupaten Garut Selatan meliputi bagian selatan wilayah Garut, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia; sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, sebelah timur dengan Kabupaten Tasikmalaya dan sebelah utara dengan Kabupaten Bandung dan Kota Garut. Nama lain untuk Kabupaten Garut Selatan bisa saja Kabupaten Pameungpeuk.

Terdapat tujuh kecamatan yang memiliki kawasan pantai memanjang dari barat ke timur berturut-turut Caringin, Bungbulang,Mekar- mukti,Pakenjeng,Cikelet, Pameungpeuk dan Cibalong. Dilengkapi dengan 15 kecamatan lain yaitu: Cikajang, Banjarwangi, Cisewu, Talegong,Pamulihan, Cisompet, Peundeuy, Singajaya, Cihurip, Cisurupan,Cigedug,Cilawu,Bayongbong,Sukaresmi dan Pasirwangi akan membentuk daerah otonomi seluas 2.248,83 km2 atau sekitar 73,37 persen dari luas Kabupaten Garut saat ini. Kabupaten Garut Selatan yang meliputi 22 kecamatan dihuni penduduk sebanyak 1.171.846 jiwa (Sensus Penduduk 2010) atau sekitar 43 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Garut saat ini. Tingkat kepadatan penduduk daerah ini 521 jiwa per km2.


garut tempo dulu 1929
SEBUAH KELUARGA EROPA 
SEDANG BERISTIRAHAT DI DEPAN SEBUAH WARUNG 
DITEMANI PARA PEDAGANG PRIBUMI DI DAERAH CIPANAS GARUT
FOTO DIBUAT TAHUN 1929
Cipanas adalah tempat wisata pemandian air panas yang terletak di Tarogong Garut dan lokasi Cipanas Garut ini sangat strategis dekat dengan pusat kota Garut sekitar 6 km dari pusat kota Garut tepatnya berada di wilayah Tarogong kidul, Kab.Garut. Sepanjang perjalanan menuju Cipanas Garut, kita disuguhi dengan indahnya pemandangan sawah menghijau, serta panorama gunung Guntur yang sangat indah


garut 1925
PARA KARYAWAN PERKEBUNAN KARET PTP VIII BUNISARI LENDRA
PERKEBUNAN KARET INI BERADA DI DAERAH CISOMPET GARUT SELATAN
FOTO DIBUAT TAHUN 1925

Berkembangnya populasi tanaman karet muda di Garut selatan bukan hanya untuk tanaman karet rakyat, namun juga oleh perusahaan perkebunan besar. Misalnya dilakukan PTPN VIII di Kebun Bunisari-Lendra di Kec. Cisompet dan Kebun Mira-Mare di Kec. Cibalong, yang melakukan peremajaan tanaman-tanaman karet mereka.




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto-Foto Garut Tempo Dulu Bagian 3

Posting Komentar