Jasa Jasa Raja Teh Priangan K.A.R. Bosscha

Dijual Buku Antik dan Langka


K.A.R. BOSSCHA DIRUANG KERJANYA 
DI PERKEBUNAN TEH MALABAR PANGALENGAN
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1915-1928


Raja Teh Priangan, julukan bagi seorang pekerja keras, dermawan dan briliant dari s-Gravenhage Amsterdam.Seseorang yang memiliki dedikasi tinggi kepada tanah jajahan negaranya. Inilah sebuah pernyataannya saat terpilih menjadi anggota Volksraad pada tahun 1918 "De dageraad is voor Indië aangebroken,Thans alle handen aan den ploeg ..." (Fajar telah menyinsing untuk kebangkitan indonesia, kini semua tergantung kepada majelis ini).

Dia melakukan banyak gebrakan untuk memajukan kehidupan ekonomi di indonesia, mengelola bebeberapa sektor yang banyak menguntungkan, sebagai partikulir, wakil rakyat , commissaris van vennootschappen en maatschappijen (komisaris ikatan pengusaha), anggota komisi kesejahteraan karyawan, sebagai sesepuh dalam dewan rakyat priangan, pengurus ikatan argobisnis (Landbouwsyndicaat), ketua yayasan agrobisnis Sukabumi, ketua Romanietfabriek, ketua Caoutchoucfabriek, dan ketua Jaarbeurs Bandung.

Jabatan lainya, sebagai pegawai "Indië Weerbaar", Technische Hogeschool (ITB), Sterrewacht (Peneropongan bintang), Hogere Burgerschool (Sekarang SMA 3 dan 5 Bandung), Neutrale School (Bio Farma), Gemeentelijk Ziekenhuis (Rumah Sakit Hasan Sadikin), semuanya di Bandung.

Pemerintah Hindia Belanda memberikan penghargaan atas jasa-jasanya berupa julukan Ridder in de Orde van de Nederlandse Leeuw dan Commandeur in de Orde van Oranje-Nassau

Dialah K.A.R. Bosscha, orang Pangalengan generasi pertama menyebutnya Tuan Bosscha sebagai penghargaan atas jasanya memajukan Pangalengan. Founder Perkebunan Malabar yang terkenal penyantun, sederhana, rendah hati dan tidak membeda-bedakan ras dan kasta.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Jasa Jasa Raja Teh Priangan K.A.R. Bosscha

Posting Komentar