Seni Sunda Tarawangsa | Jentreng

Dijual Buku Antik dan Langka


tarawangsa
 TARAWANGSA


Seni Sunda Tarawangsa - Jentreng 
Tarawangsa adalah instrumen gesek yang bentuknya mirip rebab. Resinatornya terbuat dari kayu berleher panjang dan bersenar 2 utas. Acara tersebut diisi dengan tari-tarian yang diiringi dengan petikan alat musik Tarawangsa dan Kecapi.

Seni Jentreng atau Tarawangsa adalah kesenian yang tumbuh dari pola kehidupan bertani masyarakat Rancakalong Kabupaten Sumedang. Seni Jentreng adalah upacara ritual yang berhubungan dengan magis religius untuk menghormati Dewi Sri (Dewi padi). Masyarakat Rancakalong menyebutnya dengan nama Kersa Nyai dengan tujuan supaya Kersa Nyai tetap tinggal dan betah di Rancakalong.

Untuk mengungkap rasa syukurnya, masyarakat Sunda setiap selesai panen melakukan upacara ritual untuk menghormati Dewi Sri. Pada masyarakat Rancakalong, upacara itu disebut Jentreng atau Tarawangsa.

Seni Jentrengpun dipakai untuk memperingati hari-hari besar Islam. Sampai sekarang kesenian Jentreng masih tetap hidup, meskipun tidak berkembang luas seperti tari pergaulan lainnya.

Masih terpeliharanya kesenian ini, karena diwariskan secara turun temurun oleh pemimpin kelompok kepada keturunannya. Adapun ketidak berkembangannya, karena kesenian ini tidak dapat dipelajari seperti Jaipongan atau tari pergaulan karena masih kuat unsur religius didalamnya.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Seni Sunda Tarawangsa | Jentreng

Posting Komentar