Tempat Wisata Alam Situ Cileunca

Dijual Buku Antik dan Langka


situ cileunca




Tempat Wisata Alam Situ Cileunca
Situ Cileunca berada 45 KM sebelah selatan Kota Bandung dan 185 KM dari Kota Jakarta, Situ Cileunca berada di ketinggian 1550 M dpl dan dikelilingi oleh dua perkebunan teh Malabar yang dikelola oleh PTPN VIII, Situ Cileunca letaknya tak jauh dari kecamatan Pangalengan, genangan air seluas 180 hektar ini diapit oleh dua Desa yaitu Desa Wanasari dan Desa Pulosari.

Menurut sejarah Situ Cileunca merupakan kawasan pribadi seorang warga Belanda bernama Kuhlan yang dulu menetap di Pangalengan. Dalam pembangunannya Situ Cileunca dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama yaitu selama 7 tahun ( 1919 – 1926 ) dengan membendung aliran sungai kali Cileunca, sehingga terbuatlah sebuah situ yang akhirnya menjadi sebuah bendungan yang sekarang diberi nama Dam Pulo.





Konon dalam pembangunan Situ Cileunca ini berdasarkan cerita para orang tua dahulu situ ini dibangun oleh banyak orang tetapi tidak menggunakan cangkul tetapi mengunakan halu. Pembangunan Situ Cileunca ini dikomandoi oleh dua orang pintar yakni juragan Arya dan Mahesti.

Pada zaman Kolonial Belanda Situ Cileunca digunakan sebagai salah satu sumber listrik bagi kota Bandung, selain itu juga debit airnya juga digunakan sebagai cadangan sumber air bersih bagi kota Bandung dikala itu dengan kapasitas air 9.89 juta M3.



Situ Cileunca jaman dulu 

Sebuah tempat wisata di Bandung selatan, jaraknya dari pusat kota Bandung 43 km sebelah selatan. Situ Cileunca Pangalengan, sebuah danau yang terletak di desa Pulosari. Suasana dan udara di sekitar danau begitu segar dan indah , ketinggian di atas permukaan laut dari danau yatu 1100 mdpl. Masyarakat sekitar danau Situ Cileunca menggunakan perahu kayu dengan motor tempel kecil sebagai sarana transportasi.

Situ Cileunca tampak memiliki pemandangan yang sangat indah jika dilihat dari mulut Danau Cipanunjang yang berada di atasnya . Kita bisa sampai di sana dengan menyewa perahu kayu bermotor milik masyarakat setempat.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Tempat Wisata Alam Situ Cileunca

Posting Komentar