Restorant di Braga Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka



braga tempo dului
MAISON BOGERJINE


Cafe-Restaurant dan tukang roti paling " centil " di Bandung tempo dulu adalah " Maison Bogerjine " di Jl. Braga.Ia satu-satunya Cafe-Restaurant yang memasang Lambang Kerajaan Oranje Belanda.

Konon tatkala suami istri Bogerijen meresmikan restaurannya ia telah telah mendapat Piagam Restu dari Sri Ratu di Nederland sana. Oleh sebab itu hanya di Maison Bogerrijen orang bisa mendapatkan hidangan istimewa " Koningin Emma Taart " dan Wilhellmina Taart yang harus dipesan dulu sebulan sebelumnya. Seperti apa bentuk dan buat tarcis itu,kita sekarang tak bisa membayangkan !

Semua daftar makanan " Maision Borgerijen " ditulis dalam bahasa Perancis ,maklumlah kala itu masih " Bandung parijs van Java ",sebuah daftar menu " Maison Borgerijen " tempo doeloe menghidangkan santapan malam minggu seperti :
     
      Hors d'Oeuvre de luxe
      Poulet saute Portugaise
      Petits Pois aux Laitues
      Champignons grilles
      Pommes Dauphine
      Escalopes de veau a la Suisse
      Gateau es Biscuits
      Petit pain et beure
      Cafe - The

Begitu Perancisnya kedai kopi ini, hingga " Frikadel Jagung " ditulisnya pada daftar menu sebagai " Croquettes de Mais ", Hebat !!!

Di kedai kopi " Borgerijen " yang dilatar belakangi dekor tropis dan suasana yang eksotik (" in een tropisch dekor en exotische sfeer"),para pengunjung duduk dibawah naungan payung,memenuhi teras tepi Jl.Braga,sambil cuci mata,mengamati mojang priangan lalu lalang, Asyiiikkk !!!

Minuman ringan macam Champagne merk import " Veuve Cliquot ",diminum pelan-pelan sambil leha-leha di sana. Hari Sabtu pukul satu,sekelompok professor,guru besar dari "TH"( ITB sekarang) pada makan siang hari di Bogerijen. itu pemandangan rutin yang bisa diamati Cafe-Restaurant yang paling beken di Braga  tempo dulu.

Di malam Minggu,keluarga Preangersplanters (para pengusaha perkebunan Priangan) yang kelaparan di gunung ,turun menyerbu restaurant itu.Pemandangan semcam ini sekarang langka kita temui lagi! maklumlah Bandung sekarang bukan Bandung tempo dulu***



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Restorant di Braga Tempo Dulu

Posting Komentar