Sejarah Pendidikan Anak-Anak Kaum Bangsawan Di Jawa Barat

Dijual Buku Antik dan Langka

HBS di bandung
HBS DI JALAN BELITUNG BANDUNG JAMAN DULU

HBS (Hogere Burger Shool).
HBS yang di mulai didirikan pada tahun 1867 disediakan bagi anak-anak golongan Eropa dan anak-anak bangsawan atau tokoh-tokoh terkemuka bumiputra. Sekolah itu dibagi dalam dua bagian, yaitu bagian atas dengan lama belajar tiga tahun (yang penjelmaan dari Gymnasium),dan bagian bawah dengan lama belajar dua tahun.

Pendidikan HBS ini disesuaikan dengan HBS di Negeri Belanda, baik kurikulumnya maupun ketentuan-ketentuannya. Seperti halnya HBS di Negeri Belanda,HBS di Indonesia pun terbuka bagi pribumi asal memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Dalam hal itu,murid-murid lulusan MULO-B dapat juga mengikuti pendidikan di HBS kelas IV (sebagai pendengar), asal dapat memenuhi persyaratan yang diminta, antara lain memiliki surat keterangan dari Direktur MULO yang menyatakan bahwa murid yang bersangkutan prestasinya memenuhi syarat untuk mengikuti pelajaran di HBS kelas IV.

Di samping itu, masih ada beberapa persyaratan lain yang cukup berat. Jumlah HBS lima tahun itu ternyata sangat terbatas. Pada waktu itu di Tatar Sunda (tidak termasuk Batavia),HBS hanya terdapat di Bogor dan Bandung (Jln.Belitung). Sumber:Sejarah Tatar Sunda.Oleh.Nina H.Lubis.DKK.2003. 

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Pendidikan Anak-Anak Kaum Bangsawan Di Jawa Barat

Posting Komentar