Sejarah Pendidikan Kaum Bangsawan Sunda

Dijual Buku Antik dan Langka



Aksitektur OSVIA di Banten
Arsitektur OSVIA di Serang Banten - Jabar



Opleidings School voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA)
Hoofdenschool (Sakola Menak) yang yang didirikan di Bandung pada tahun 1878 berubah pada tahun 1900 menjadi Opleiding School voor Inland, sche Ambtenaren (OSVIA), yaitu sekolah pendidikan untuk calon pegawai pribumi. Di OSVIA juga diajarkan tentang etiket atau tata krama Barat, termasuk tata cara makan dan berkunjung (visite) ke rumah orang Belanda.

Hal itu merupakan salah satu saluran yang memungkinkan kaum elite pribumi menerima nilai-nilai baru. Direktur OSVIA, Van Bemmel sangat memperhatikan pendidikan wellevenheid (sopan santun) bangsa Belanda, misalnya bila murid hendak berbicara kepada guru, tidak perlu menyembah dulu seperti yang biasa dilakukan kaum menak pada waktu itu. Bila ia melihat murid melakukan adegan sembah, langsung guru dan murid itu dimarah. Hal itu nampaknya sebagai upaya penanaman nilai-nilai baru.

Pada tahun 1927 OSVIA diganti menjadi MOSVIA (huruf M merupakan kependekan dari kata Middelbare, artinya menengah) yang setaraf dengan sekolah menengah. Lama sekolah menjadi tujuh tahun yang terdiri dari kelas persiapan (voorbereide Afde.elingen) selama dua tahun, kelas vak A (Vakschool Afdeeling A) selama tiga tahun, dan kelas vak B (Vakschool Afdeeling B) selama dua tahun.

Di kelas persiapan diajarkan pengetahuan umum, sedangkan di keas selanjutnya diajarkan pengetahuan-pengetahuan khusus yang amat berguna bagi seorang ambtenaar, yakni pengetahuan hukum, ekonomi negara, dan sebagainya. Sumber:Sejarah Tatar Sunda.Oleh.Nina H.Lubis.DKK.2003.




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Pendidikan Kaum Bangsawan Sunda

Posting Komentar