Sejarah Perguruan Tinggi di Jawa Barat

Dijual Buku Antik dan Langka



mosvia
Gedung Mosvia Tahun 1939
Tempat tinggal Gubernur Jawa Barat sekarang



Pendidikan Tinggi Pikiran-pikiran mengenai perlunya diadakan pendidikan tinggi di Hindia Belanda secara resmi timbul dalam rapat umum perkumpulan Hindia Belanda di Den Haag pada tanggal 1 Februari 1910. Atas dasar itu maka pada tahun 1910 itu juga didirikan Indische Universiteits Vereeniging yang bertujuan untuk mendirikan pendidikan tinggi, baik melalui pemerintah maupun swasta. Inisiatif itu mula-mula timbul dari orang-orang Indo-Eropa, kemudian didukung oleh orang-orang Indonesia dan Belanda pengikut Van Deventer (Ethische Koers)

Namun demikian, sampai dengan tahun 1920 di Indonesia belum ada perguruan tinggi yang sebenarnya. Baru setelah kebutuhan akan tenaga insinyur semakin dirasakan, maka pada tahun 1920 atas prakarsa lembaga Koninklijk Instituut voor Hoger Technisch Ondenwijs didirikanlah sebuah sekolah teknik tinggi, yaitu Technische Hoge School (THS, sekarang ITB) di Bandung. Sekolah itu merupakan pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang betul-betul memenuhi syarat sebagai perguruan tinggi.

Perguruan tinggi itu menerima lulusan AMS dan HBS dengan lama belajar lima tahun. Perguruan tinggi yang sederajat dengan THS dibuka pula, yaitu Sekolah Hakim Tinggi atau Rechtskundige Hoge School (RHS) yang dibuka di Batavia pada tahun 1924. Lama belajarnya lima tahun. Sebelum RHS didirikan sudah ada sebuah sekolah yang mendidik ahli-ahli hukum bangsa Indonesia.

Sekolah itu dinamakan Rechtsschool (Sekolah Hakim) yang didirikan pada tahun 1909 di Batavia. Rechtsschool itu terdiri atas dua bagian, yaitu bagian persiapan dan bagian pendidikan kejuruan, yang masing-masing lama belajarnya tiga tahun. Bahasa pengantamya adalah bahasa Belanda. Tamatan dari sekolah itu dijadikan jaksa atau hakim pada pengadilan, namun mereka belum bergelar sarjana hukum. Sekolah itu merupakan persiapan iintuk membuka RHS. Selain itu, didirikan pula Sekolah Tinggi Kedokteran (Geneeskundige Hogeschool) pada tahun 1927 di Batavia.*** Sumber: Sejarah Tatar Sunda.Oleh.Nina H.Lubis.DKK.2003.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Perguruan Tinggi di Jawa Barat

Posting Komentar