Penebangan Pohon di Bandung Karena Lapar Lahan Peruntukan

Dijual Buku Antik dan Langka


lembang bandung tempo dulu



Beberapa hasil penelitian mengungkapkan, bahwa penebangan pohon yang terjadi di daerah pedesaan, umumnya disebabkan Lapar Kayu Bakar di kalangan yang tergolong miskin.
Sedangkan penduduk kota yang relatif lebih kaya dari orang desa, dan telah menggunakan sumber energi lain,pengganti arang atau kayu bakar, keisengan menebangi pohon jelas bukan untuk mengasapi dapur. Lalu untuk apa?

Umumnya,kasus penebangan pohon di wilayah perkotaan terjadi karena Lapar Pertuntukan Lahan, kata Prof,Dr,Otto Soemarwoko, seorang ekologiwan yang selalu risau dengan pembabatan lahan hijau dalam kota Bandung (majalah, Tempo.21 Mei 1983).

Bahkan sering kali terjadi,penebangan pohon di dalam kota terjadi secara legal. Paling tidak, selain sepengetahuan Instansi Pengelola Kota. Terutama dalam kasus penebangan pohon lindung pinggir jalan yang terkena proyek pelebaran jalan.

Sedangkan penebangan pohon di pekarangan rumah penduduk hampir, tak bisa dicegah, sebab hal itu menyangkut hak milik seseorang.

Selama pepohonan yang tumbuh di tempat umum, maupun di pekarangan rumah pribadi penduduk belum dinyatakan tegas fungsi sosialnya bagi kepentingan dan kemaslahatan masyarakat umum, maka usaha pencegahan penebangan pohon dalam kota akan sulit dilakukan.

Untuk manusia gratil yang kelewat gatal menebangi pohon yang tak berdosa, patut dihidangi puisi indah Joyce Klimer berikut ini :

I thing that I should never see,
A poem lovely as a tree,
Poem are made by fools like me,
But only God can make a tree.


Artinya : Kupikir tak bakal pernah aku melihat/Puisi seindah sebatang pohon/Puisi digubah orang edan semacam aku/Namun hanya Tuhanlah yang mampu mencipta pepohonan.

Memang begitulah,hanya Tuhan saja yang mampu mencipta, menjaga dan menghidupi pohon dan tumbuhan.

Itulah sebabnya,manusia tidak berhak bertindak semena-mena menebangi pohon, sebagai salah satu machluk kreasi Tuhan, yang juga memiliki hak hidup di alam raya seperti ini.

Sumber : Semerbak Bunga di Bandung Raya.1986.
Oleh : Haryoto Kunto.






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Penebangan Pohon di Bandung Karena Lapar Lahan Peruntukan

Posting Komentar