Biografi Bambang Gentolet Srimulat

Dijual Buku Antik dan Langka
bambang gentolet srimulat
Bambang Gentolet 

Biografi Bambang Gentolet

Bambang Gentolet merintis dalam dunia lawak sejak masih duduk dibangku SMP kelas satu di Yogyakarta bersama kawannya, Junaedi pada waktu itu penampilannya masih amatir banget. Pas menjelang peristiwa G 30 S PKI pada tahun 1965, merupakan langkah sukses buatnya. Seputar tahun 1967 ia ngelayap ke Tegal. Kemudian kecantol di grup lawak Lokaria.

Menurut Bambang Gentolet, grup Lokaria justru asalnya dari Tegal. Dari Tegal main keliling Jawa Timur, dan lebih banyak menetap di Kota Malang.

Di Lokaria itu Bambang bertemu dengan Darussalam, Neti Herawati dan juga pelawak top lainnya.

Tahun 1969 Bambang yang kini dikaruniai dua orang anak itu resmi keluar Lokaria. Pindah ke grup Srimulat di Surabaya. "Di Taman Hiburan Rakyat Surabaya kami sempat saingan. Karena tahun 1972, Lokaria mainnya dekat panggung Srimulat. Malahan pimpinan Lokaria pernah meimnta saya membantu. Tapi saya gak bersedia, sebab Srimulat sendiri sudah kuwalahan. Apalagi saya sudah terikat kerja dengan Pak Teguh " kata Bambang.

Bambang bilang, melawak (bidang yang digeluti) bukan merupakan kompensasi dari kegagalan memasuki tes marinir KKO. Tapi sebenarnya memang sejak dari kecil ia sudah punya kebiasaan melucu. Tatkala itu ia sering juga menonton pertunjukan kesenian, terutama dagelan. "Sampai dibelain tidur di alun-alun segala," kenangnya.

Pengalaman melawak jelas segudang. Dukanya juga banyak, pernah tidak dibayar honornya, dan Bambang terpaksa menjual baju yang dipakai kepada tukang loak. "Wah itu pengalaman yang ndak bisa saya lupakan sampai sekarang.

"Bayangin deh mas, masak habis main dibiarin terlantar. Ditinggal kabur saja." Tutur bambang.

Bambang lahir di Yogyakarta. Hari ulang tahunnya 5 September 1941.
Pendidikan : sekolah Menengah Pertama.

Alamat rumahnya : Perumnas Manukan 6-1/7 Tandes Surabaya. Sumber Majalah Hai - Edisi September 1985.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Biografi Bambang Gentolet Srimulat

Posting Komentar