Jenis Batu Akik Panca Warna Garut

Dijual Buku Antik dan Langka




panca warna garut




Jenis Batu Akik Panca Warna Garut 
Jenis batu akik Pancawarna kini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta batu permata. Kerena keunikan dan artistikannya, maka banyak pecinta batu akik melirik genre ini. 

Batu pancawarna merupakan salah satu varian batu akik yang memiliki corak warna dalam satu batu seperti, merah, hijau, kuning, biru, coklat, putih mangkok, dan warna lainnya.

Batu Akik Pancawarna Garut
Salah satu batu pancawarna yang banyak gemari berasal dari Garut, Jawa Barat. Ada tiga jenis pancawarna Garut yang banyak diminati karena kualitasnya, bahkan harganya pun tidak murah 
Jenis batu tersebut diantaranya:

Pancawarna Edong
Jenis ketiga ini memiliki tingkat kekerasan yang 
setara dengan batu akik ohen. Ciri menarik batu 
edong ini ialah pada motifnya yang unik. Anda dapatmenemukan motif atau gambar serupa hewan, hurufmaupun angka di dalam batu edong. Semakin unik 
gambarnya, semakin melambung pula harganya.
Ketiga batu pancawarna ini diklaim sulit atau tidak bisa dipalsukan karena memiliki kekhasan tersendiri.

Pancawarna Kalhi
Pancawarna jenis kalhi lebih keras tekstur batunya. Batu ini juga tidak akan retak saat dilakukan pemotongan, pembentukan dan pemolesan seperti jenis pancawarna cianggel. Anda juga tidak akan menemukan serat tembaga emas seperti cianggel. Akan tetapi, batu jenis ini memiliki zat kapur yang akan muncul saat diproses.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya akan dilakukan perendaman dengan air selama 2 minggu agar zat kapur dapat mengendap sehingga pemolesan dapat dilakukan dengan sempurna. Harga batu ini relatif lebih murah dibanding dengan Pancawarna Cianggel. Meskipun demikian, batu ini tetap dapat tembus cahaya saat disenter sebagaimana batu pancawarna cianggel.

Pancawarna Cianggel

Ciri khas batu pancawarna Ciangel yaitu memiliki warna merah, hitam, hijau, biru dan putih. Selain itu juga, terdapat motif emas yang membuat sibatu seolah terbelah. Batu ini memiliki sifat tembus cahaya apabila disorot cahaya. Akan tetapi, batu akik pancawarna Ciangel ini memiliki kelemahan yakni, mudah retak saat dibentuk. Hal ini dikarenakan serat emas pada batu ini akan tertarik ketika dilakukan pemotongan, pembentukan atau pemolesan. Sehingga batu akik mudah retak. Dari berbagai sumber. 





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Jenis Batu Akik Panca Warna Garut

Posting Komentar