Perburuan Batu Akik di Cagar Budaya Curug Dago

Dijual Buku Antik dan Langka



batu akik



Curug Dago Jadi Sasaran Pencari Batu Akik 
Fenomena batu akik di tanah air mengakibatkan sejumlah situs cagar budaya di Jawa Barat dikhawatirkan akan menjadi sasaran perburuan batu. Kawasan situs Curug Dago tempat persinggahan Raja Thailand Chulalongkorn(Rama V) serta Pangeran Prajatthipok Paramintara (Rama VII) dari Dinasti Chakri beberapa pekan terakhir jadi sasaran pencari batu.

Fenomena akan khasiat batu akik ini menjadikan sejumlah situs cagar budaya di Jombang dan Pacitan Jawa Timur menjadi sasaran karena berbagai isu khasiatnya, dan saya khawatir hal tersebut juga terjadi di Jawa Barat ini, ternyata benar saja Situs Curug Dago yang jadi patilasan Raja Thailand menjadi incaran para penggila batu akik,” ujar Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional (BPKSNT) Jabar, Agus E. Hanafiah, saat meninjau langsung lokasi Situs Curug Dago di Kel. Dago Kec. Coblong Kota Bandung, dan menerima penjelasan dari Abah Lili juru pelihara (jupel) Situs CurugDago.

Berdasarkan laporan, aksi para pemburu batu di Situs Curug Dago, tepat di tebing samping Sala Thai (rumah khas Thalinad) yang menaungi situs Raja Thailand Chulalongkorn(Rama V) serta Pangeran Prajatthipok Paramintara (RamaVII) dari Dinasti Chakri. Bebatuan yang menonjol akibat kikisan air beberapa ada yang langsung di cokel dan yang ukuran besar dipotong dengan alat pemotong.

Terhadap fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat saat ini Agus dan jajarannya di BPKSNT Jabar tidak hanya memberi perhatian khusus pada Situs Curug Dago saja bahkan seluruh situs cagar budaya di Jawa Barat. Dalam dua pekan terakhir pihaknya terus melakukan koordinasi dan pekan depan juru pelihara situs di sejumlah kota dan kabupaten yang kini jumlahnya mencapai 60 orang akan dikumpulkan untuk diberi arahan. (Retno Heriyanto/A-108)***Pikiran Rakyat





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Perburuan Batu Akik di Cagar Budaya Curug Dago

Posting Komentar