Arsitektur Rumah Tradisional di Indonesia

Dijual Buku Antik dan Langka


arsitektur rumah sunda
Bentuk -bentuk atap rumah di Bogor (Jawa-Barat) jaman dulu 


Arsitektur Tradisional
Selain bentuknya yang menjadi ciri dari rumah tradisional ialah bahan- bahan yang digunakan, seperti balok kayu, bambu, lembaran-lembaran daun, jenis rumput atau alang-alang dan serat.

Bentuk rumah atap, atap, dinding dan bahan yang digunakan secara keseluruhan sesuai dengan iklim tropis yang panas, sedangkan aturan bentuk  serta letak rumah ditentukan oleh keyakinan supernatural yang dianut.

Rumah di Madura misalnya tidak dibenarkan menghadap ke matahari terbit. Atau pada orang Batak Mandailing  hiasan rumah merupakan gambaran tentang bagaimana masyarakat memikirkan kosmos (kartomi 1981). Kepala kerbau dan tanduknya menggambarkan bumi dan langit. Kerbau sendiri merupakan binatang yang dianggap penting dalam upacara : kendaraan nenek moyang untuk pergi ke alam atas.

Secara garis besarnya, di Indonesia terdapat lebih dari 30 arsitektur rumah tradisional (Sargeant,1975) dengan ratusan variasinya. Masyarakat Batak, misalnya mempunyai rumah tradisional juga rumah upacaranya - yang menggunakan hiasan kepala kerbau di atapnya. Rumah ini berbentuk panggung.

Di Minang tidak jarang ditemui rumah tradisional dengan atap berbentuk lengkungan (seperti tanduk kerbau) yang kadang-kadang hingga tiga pasang untuk satu rumah. Sumber Selekta Manifestasi Budaya Indonesia 1986 PT Alumni - Bandung





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Arsitektur Rumah Tradisional di Indonesia

Posting Komentar